Laba Bersih Semen Baturaja Naik Capai 103%

Laba Bersih Semen Baturaja Naik Capai 103%
PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST). Foto dok SMBR

jpnn.com, JAKARTA - PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2022 di Hotel Sari Pacific, Jakarta pada Senin (8/5).

Pada RUPST tersebut, anak usaha PT Semen Indonesia (SIG) ini berhasil mencatatkan kinerja positif pada tahun buku 2022 dengan mengantongi laba bersih sebesar Rp 94,83 Miliar atau tumbuh 103 % dibandingkan periode 2021 sebesar Rp 46,7 Miliar.

SMBR juga menyetujui pembagian dividen payout ratio sebesar 20 % dengan nilai total dividen tunai sebesar 18,96 Miliar dan sisanya sebesar 80% atau Rp 75,86 Milyar ditetapkan sebagai cadangan lainnya.

Direktur Utama SMBR, Daconi Khotob menyampaikan sepanjang 2022, SMBR mampu mencatatkan pertumbuhan volume penjualan sebesar 4% menjadi 2,01 juta ton, meskipun demand semen secara nasional, terutama di wilayah Sumbagsel yang merupakan pasar utama SMBR mengalami koreksi.

Tak hanya itu, SMBR juga berhasil mencatatkan pendapatan sepanjang 2022 sebesar 1,88 Triliun atau tumbuh 7% dibandingkan periode tahun lalu.

Dari sisi EBITDA tercatat mencapai Rp 437 Miliar atau tumbuh 5% dibandingkan dengan 2021.

“Catatan kinerja positif ini tidak terlepas dari kesuksesan inisiatif strategis perseroan pada 2022 yang berfokus pada tiga inisiatif yaitu Cost Leadership Through SMBRGO45 Program, Strengthen Market Positioning dan Competency Improvement of Employee. Hal tersebut merupakan program unggulan perseroan dalam mengefisiensikan biaya di berbagai bidang dan pelaksanaan praktek terbaik dalam operasi sehingga mampu mencapai kinerja positif,” ujar Daconi Khotob.

Dalam RUPST juga menyetujui perubahan susunan pengurus perseroan.

Pencapaian ini mempertegas komiten Semen Baturaja (SMBR) menjadikan tata kelola sebagai landasan bisnis berkelanjutan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News