Laba Nintendo Anjlok Gegara Penjualan Switch Melemah

Laba Nintendo Anjlok Gegara Penjualan Switch Melemah
Nintendo Switch Catat Penjualan Tercepat Sejarah Console. Foto Nintendo

jpnn.com, JAKARTA - Nintendo Co., mengakui penjualan produk konsol gim Switch mengalami penurunan pada tahun lalu.

Alhasil, laba Nintendo untuk tahun fiskal yang berakhir pada Maret 2024 turun 9,4 persen dari sebelumnya menjadi USD 3,2 miliar atau sekitar Rp 47 triliun.

Hasil itu membuat mereka mengalami penurunan laba selama dua tahun berturut-turut, yang tertekan oleh melemahnya penjualan konsol gim Switch.

Laba operasi turun 14,9 persen menjadi 504,38 miliar yen (sekitar Rp 55 triliun) dengan penjualan 1,60 triliun yen, turun 5,5 persen, seperti disiarkan Kyodo, Rabu.

Perusahaan gim raksasa Jepang itu menjual 17,97 juta unit konsol Switch pada tahun fiskal lalu, turun 22,1 persen dari 23,06 juta unit pada tahun sebelumnya.

Pembatasan produksi akibat kekurangan chip dan permintaan yang lebih lemah dari yang diharapkan selama musim belanja akhir tahun menyebabkan penurunan penjualan

Penjualan perangkat lunak Switch mengalami penurunan yang lebih kecil sebesar 9 persen menjadi 213,96 juta unit berkat permintaan yang kuat untuk judul populer, termasuk "Splatoon 3" dan seri "Pokemon".

Hasil yang kurang memuaskan itu datang setelah Nintendo mencatat rekor laba bersih sebesar 480,38 miliar yen (Rp52,4 triliun) untuk tahun fiskal 2020, karena pembatasan aktivitas selama pandemi.

Nintendo Co., mengakui penjualan produk konsol gim Switch mengalami penurunan pada tahun lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News