Ladang Ganja Siap Panen Ditemukan di Empat Lawang

Ladang Ganja Siap Panen Ditemukan di Empat Lawang
Kebun ganja. Foto: JPG/Pojokpitu

jpnn.com, TEBING TINGGI - Tim gabungan kembali menemukan ladang ganja di Kebun Sumur Tinggi, Desa Tanjung Alam, Kecamatan Lintang Kanan, Kabupaten Empat Lawang, Sumsel.

Sedikitnya aparat mendapati 300 batang ganja siap panen.

Tinggi tanaman sekitar dua meter di lahan seluas setengah hektare. Ada juga daun ganja kering siap jual seberat 1,5 kilogram. Saat ini, pemilik lahan ganja, Merui (46), warga Desa Tanjung Alam, Kecamatan Lintang Kanan, telah diamankan petugas.

Kepala BNNK Empat Lawang, AKBP H Amancik Marzuki mengatakan, penggerebekan ladang ganja ini dilakukan, Kamis dinihari (19/10), pukul 01.00 WIB. Bermula dari informasi masyarakat. Setelah itu, dilakukan penyelidikan oleh anggotanya. Selanjutnya, BNNK berkoordinasi dengan BNNP, Polres Empat Lawang, dan anggota Koramil.

Pertama, pihaknya menggerebek rumah tersangka. Saat ditangkap, tersangka sedang tidur. “Di dalam rumah ditemukan ganja kering 1,5 kilogram," ujar Amancik, kemarin (19/10), di Kantor BNNK Empat Lawang. Dari keterangan tersangka diketahui, ganja kering itu didapat dari ladangnya di kawasan Kebun Sumur Tinggi.

Lalu, anggota gabungan menyisiri ladang tersebut. Membutuhkan waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan kaki dari rumah tersangka. "Ada 300 lebih batang ganja siap panen kami temukan di ladang tersebut,” terangnya.

Tanaman ganja itu sebagian ditanam di polybag dan di lahan sedikit miring sehingga tidak mudah terlihat langsung. Bahkan, ganja-ganja ini sudah sekitar sepuluh kali dipanen dan dijual ke luar daerah, seperti Pagaralam, Lahat, bahkan Muara Enim.

Saat pemanenan, ganja tidak dicabut, tapi dipotong batangnya sehingga bisa tumbuh dan dipanen lagi. Hasil penjualan digunakan tersangka untuk kebutuhan hidup dan membeli kebun ataupun sawah. "Tersangka ini pemain lama, dia sudah lama menanam ganja dan sudah sepuluh kali lebih panen. Tersangka dan barang bukti kami amankan di BNNK Empat Lawang," kata Amancik.

Tim gabungan kembali menemukan ladang ganja di Kebun Sumur Tinggi, Desa Tanjung Alam, Kecamatan Lintang Kanan, Kabupaten Empat Lawang, Sumsel.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News