JPNN.com

Ladies, Cek Kesehatan Lewat Kondisi Menstruasi

Jumat, 19 Juli 2019 – 23:45 WIB Ladies, Cek Kesehatan Lewat Kondisi Menstruasi - JPNN.com

jpnn.com - Kondisi menstruasi yang dialami seorang wanita bisa bercerita banyak tentang kesehatannya. Jika Anda mengalami sedikit saja gejala yang tidak biasa, Anda perlu segera cek kesehatan.

Menstruasi dialami seorang wanita ketika telah memasuki masa puber di sekitar usia 8-12 tahun. Masa pubertas ini biasanya berakhir lebih kurang di usia 15 hingga 16 tahun.

Menstruasi pada wanita

Tanda pubertas awal pada wanita biasanya dimulai dengan adanya perubahan pada fisiknya meliputi pembesaran payudara dan pertumbuhan rambut ketiak serta rambut kemaluan. Setelah tanda awal pubertas ini muncul, maka dalam 2-3 tahun kemudian dapat muncul menstruasi yang pertama kali. 

Setelah mendapatkan menstruasi, hampir setiap 1 bulan sekali wanita akan mengalaminya. Hingga pada suatu waktu terjadi menopause di sekitar usia 43 – 57 tahun.

Setiap bulannya, indung telur atau ovarium akan mengeluarkan sel telur. Proses ini  disebut dengan ovulasi.

Pada saat inilah wanita dikatakan dalam masa subur dan siap untuk dibuahi atau memperoleh kehamilan. Ketika tidak terjadi pembuahan maka lapisan rahim yang menebal tadi akan meluruh, sejalan dengan perubahan hormonal. Jaringan yang meluruh inilah yang keluar melalui vagina berupa darah dan disebut dengan menstruasi.

Siklus menstruasi bervariasi antar wanita

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...