Ladies, Ketahui 5 Gejala Kanker Serviks Berikut

Ladies, Ketahui 5 Gejala Kanker Serviks Berikut
Deteksi dini kanker serviks

jpnn.com - Kanker serviks merupakan salah satu kanker yang menyumbang angka kematian tertinggi setelah kanker payudara. Berdasarkan Riskedas, prevalensi kanker serviks di Indonesia pada 2013 mencapai 98.692 penderita, dan semakin meningkat setiap tahunnya. Menurut data WHO pada 2014, sebanyak 10,3 persen kematian pada wanita Indonesia disebabkan oleh kanker serviks.

Meningkatnya jumlah penderita kanker serviks tentu menjadi sebuah masalah di dunia kesehatan Indonesia. Banyak wanita terdeteksi dan terdiagnosis kanker serviks pada stadium lanjut. Padahal, kanker serviks bisa dicegah dan dapat dideteksi sedini mungkin sehingga dapat dilakukan pengobatan yang optimal. 

Kanker serviks terjadi bila ada pertumbuhan sel yang tidak normal di daerah serviks atau mulut rahim. Serviks merupakan salah satu bagian reproduksi wanita yang menghubungkan vagina dengan uterus atau rahim. Penyebab terjadinya kanker serviks adalah virus HPV (Human Papilloma Virus) subtipe 16 dan 18.

Semua wanita memiliki risiko terkena kanker serviks. Akan tetapi, risiko terjadinya kanker serviks akan meningkat terutama pada wanita yang melakukan aktivitas seksual pada usia muda, berganti-ganti pasangan seksual, merokok, hamil sebelum usia 17 tahun atau memiliki anak lebih dari 3, sering mengalami penyakit menular seksual, maupun penggunaan KB hormonal dalam jangka waktu lama.

Oleh karena banyak penderita kanker serviks yang terlambat mendapatkan penanganan, Anda bisa memperhatikan beberapa gejala agar Anda lebih waspada terhadap kanker serviks.

Berikut lima gejala kanker serviks yang umum terjadi dan wajib Anda ketahui:

1. Perdarahan dari vagina yang tak wajar

Setiap wanita wajar jika mengalami menstruasi setiap bulannya. Seseorang dikatakan tidak wajar apabila terjadi perdarahan atau flek di luar masa menstruasi, saat berhubungan atau sesudah seksual, dan terjadi pada masa menopause. Gejala ini merupakan gejala yang mudah dikenali untuk kanker serviks.

Kanker serviks terjadi bila ada pertumbuhan sel yang tidak normal di daerah serviks atau mulut rahim. Serviks merupakan salah satu bagian reproduksi wanita yang menghubungkan vagina dengan uterus atau rahim.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News