Lagi, Dua Penyebar Hoaks Demo Ricuh di Gedung MK Ditangkap

Lagi, Dua Penyebar Hoaks Demo Ricuh di Gedung MK Ditangkap
Bareskrim Polri. Foto ilustrasi: dokumen JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim membekuk lagi dua pelaku penyebar hoaks soal demo ricuh di gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Menurut Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Rahmad Wibowo, kedua pelaku ditangkap pada Senin (17/9).

Dua tersangka tersebut berinisial SMR, 35, ditangkap di Bogor pada pukul 20.00 WIB dan KMA, 21, ditangkap di Bekasi.

Pelaku SMR memposting dua video di akun media sosial YouTube dengan keterangan 'demo mahasiswa se-Indonesia tidak diliput media' dan 'demo mahasiswa gugat pemerintah hari ini Jumat (14/9) yang tidak diliput media tv'.

"Video itu didapat dari grup WhatsApp MTS dan diminta rekan tersangka yang bernama Lilis untuk posting video itu," ujar Rahmad kepada wartawan, Selasa (18/9).

Sedangkan tersangka KMA memposting video di akun media sosial YouTube dengan keterangan '#reformasi #mahasiswa Viral !!! Turunkan JOKOWI - JK ! Aksi 14 September Demo Mahasiswa Se-Jakarta'.

Tersangka KMA pun dijerat pasal 51 ayat (1) jo pasal 35 UU ITE, dengan sanksi 12 tahun dan/atau denda Rp 12 miliar, karena diduga telah dengan sengaja dan tanpa hak memanipulasi informasi elektronik dengan tujuan agar informasi elektronik tersebut dianggap seolah-olah data otentik.

"Pelaku melakukan ini bertujuan untuk menaikan rating akun YouTube miliknya," ucapnya.

Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim membekuk lagi dua pelaku penyebar hoaks soal demo ricuh di gedung Mahkamah Konstitusi (MK), beberapa waktu lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News