Lagi, Gunung Lokon Meletus

Letusan Sudah Lebih 800 Kali

Lagi, Gunung Lokon Meletus
Lagi, Gunung Lokon Meletus
JAKARTA - Gunung Lokon di Kota Tomohon, Sulawesi Utara, kembali meletus Rabu (28/11), pukul 10.05 WITA. Asap letusan Gunung Lokon mencapai ketinggian tiga kilometer dari Kawah Tompaluan. "Hingga saat ini letusan masih terjadi," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, lewat pesan singkatnya, Rabu (28/11).

Dijelaskan Sutopo, akibat letusan Gunung Lokon, itu satu stasiun seismik mati. Saat ini, menurut dia, status gunung masih siaga atau level III. Sejauh ini, kata Sutopo lagi, belum perlu ada pengungsian warga dari lokasi kawasan letusan Gunung Lokon. "Masyarakat diminta untuk tidak  melakukan aktivitas di dalam 3,5 kilometer dari kawah Tompalun," imbuhnya.

Dijelaskan lagi,  perilaku letusan Gunung Lokon telah berubah dibandingkan dengan sejarah letusan sebelumnya. Hingga kini Gunung Lokon telah meletus lebih dari 800 kali. Sebelumnya  paling lama letusan hanya seminggu saja. Arah angin selalu menjauh dari pemukiman, sehingga abu vulkanik jatuh di daerah hutan sekitar Gunung Lokon.

"Seringnya meletus menyebabkan masyarakat sekitarnya menyikapi letusan dengan biasa," ujarnya. Namun BNPB dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut tetap meminta masyarakat selalu waspada. (boy/jpnn)

JAKARTA - Gunung Lokon di Kota Tomohon, Sulawesi Utara, kembali meletus Rabu (28/11), pukul 10.05 WITA. Asap letusan Gunung Lokon mencapai ketinggian


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News