Lagi, Konsumen Toyota Dirugikan, Data Pribadi Bocor

Lagi, Konsumen Toyota Dirugikan, Data Pribadi Bocor
Toyota. Foto: AFP

jpnn.com, JAKARTA - Toyota kembali membuat masalah. Setelah penipuan atas hasil uji tabrak mobil yang mereka pasarkan, terbaru ialah data kendaraan konsumennya bocor ke ruang publik.

Data kendaraan konsumen Toyota yang bocor diduga sekitar lebih dari dua juta yang tersimpan di Toyota Connected Corporation melalui Cloud.

Data kendaraan dan informasi pribadi konsumen Toyota yang bocor itu sejak periode November 2013 hingga pertengahan April 2023.

Konsumen yang terdampak tidak hanya di Jepang, tetapi juga di kawasan Asia.

Beberapa informasi yang dapat diakses di antaranya alamat, nama, nomor telepon, alamat surel, ID pelanggan, nomor registrasi kendaraan, dan nomor identifikasi kendaraan.

Juru bicara Toyota mengungkapkan perusahaan tengah melakukan penyelidikan terhadap masalah tersebut, berdasarkan hukum dan peraturan masing-masing negara.

Data lain yang dapat dilihat antara lain, nomor identifikasi kendaraan, pembaruan data pada peta, serta pemetaan lainnya.

Secara internal, mereka menjelaskan kesalahan tersebut disebabkan kurangnya sosialisasi dan penegakan penanganan data.

Toyota kembali membuat masalah. Setelah penipuan atas hasil uji tabrak mobil yang mereka pasarkan, terbaru ialah data konsumennya bocor ke ruang publik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News