Lah, Ada Atlet Malaysia, Timor Leste dan Arab Saudi di Olimpiade Musim Dingin Beijing

Lah, Ada Atlet Malaysia, Timor Leste dan Arab Saudi di Olimpiade Musim Dingin Beijing
Kontingen Monaco yang berbendera Merah-Putih turut mengikuti parade di acara pembukaan Winter Olympic 2022 di Stadion Nasional Beijing, China, Jumat (4/2/2022) (ANTARA/M. Irfan Ilmie)

jpnn.com, BEIJING - Empat negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) turut bersaing dalam Olimpiade Musim Dingin atau Winter Olympic di Beijing, China, pada 4-20 Februari 2022.

Para atlet dari keempat negara ASEAN tersebut, yakni Filipina, Malaysia, Thailand, dan Timor Leste turut ambil bagian dalam parade kontingen pada acara pembukaan Winter Olympic di Stadion Nasional Beijing, Jumat (4/2) malam.

Para atlet dari Timor Leste yang mengenakan baju adat disebut paling pertama di antara empat negara ASEAN dalam parade tersebut.

Disusul kemudian oleh Malaysia, Filipina, dan Thailand, untuk melakukan parade di depan Presiden China Xi Jinping bersama Presiden Komite Olahraga Internasional (IOC) Thomas Bach dan ribuan tamu undangan lainnya yang memadati stadion berbentuk sarang burung itu sejak pukul 16.00 waktu setempat (15.00 WIB) meskipun acara pembukaan dimulai pukul 20.00.

Atlet dari beberapa negara yang sebelumnya melakukan boikot diplomatik, seperti Amerika Serikat, Australia, Inggris, dan beberapa negara Eropa lainnya juga turut mengikuti parade tersebut.

Beberapa atlet dari China Taipei yang sebelumnya dikabarkan absen juga turun ke arena pembukaan.

Acara pembukaan berlangsung meriah dengan berbagai atraksi seni dan pesta kembang api.

Beberapa kota lainnya di China juga turut memeriahkan acara pembukaan tersebut dengan menggelar acara kesenian yang videonya diputar bersamaan dengan tari-tarian di Stadion Nasional yang dibangun menjelang Olimpiade Musim Panas Beijing 2008.

Beberapa negara tropis, termasuk Malaysia, Timor Leste dan Arab Saudi mengirim atlet ke Olimpiade Musim Dingin di China

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News