Lahan Kampus ini Sudah Diblokir Pemilik Tanahnya

Lahan Kampus ini Sudah Diblokir Pemilik Tanahnya
SGU. Foto: dok. Wikipedia

jpnn.com - TANGERANG--PT Bumi Serpong Damai Tbk. (PTBSD) telah memutuskan mengakhiri pinjam pakai tanah dan bangunan yang saat ini digunakan untuk Kampus Swiss German University (SGU).

Untuk itu, perusahaan tersebut telah memasang papan pengumuman (plang) di sekeliling area kampus Swiss German University (SGU), Sabtu (17/12) hingga Minggu (18/12).

Itu dilakukan karena sudah hampir tujuh tahun sejak Januari 2011 sampai sekarang SGU belum menunjukkan itikad baik dengan  membayar harga pengikatan seperti yang tercantum di dalam Perjanjian Jual Beli Tanah dan Bangunan SGU – Edutown di BSD City (PPJB).

''Pemagaran dilakukan di atas lahan bersertifikat atas nama BSD, bukan di atas lahan bersertifikat atas nama BSD yang digunakan oleh SGU atau pihak lain. PT. BSD pun sudah berulangkali memperingatkan SGU terhadap hal ini akan tetapi tidak diindahkan juga,'' ujar Reno Hajar Kuasa Hukum PT Bumi Serpong Damai Tbk dalam siaran persnya di Jakarta.

Terkait pernyataan Pihak SGU bahwa langkah PTBSD ini merupakan tindakan yang tidak menghormati proses hukum Sidang Gugatan Pembatalan PPJB, Reno membantahnya.

Menurutnya, sidang gugatan pembatalan Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) tidak ada hubungannya dengan pemasangan plang dan pagar karena pemasangan itu merupakan tindak lanjut atas diakhirinya hak pinjam pakai tanah dan bangunan milik PTBSD kepada PTSGU.

Kedua, lanjut Reno, sebagaimana diatur dalam pasal 2 Berita Acara Fitting Out dan Pinjam Pakai (BAFOPP), PTBSD berhak mengakhiri pinjam pakai jika PTSGU lalai dalam memenuhi kewajibannya sebagaimana tersebut dalam PPJB, termasuk membayar angsuran harga pengikatan.

''Seharusnya PTSGU atau pihak lain apabila ingin dihormati haknya untuk menggunakan tanah dan bangunan, maka seharusnya melakukan kewajibannya untuk melakukan pembayaran atas penggunaan tanah dan bangunan tersebut,'' kata Reno dari ACS Law Firm.

TANGERANG--PT Bumi Serpong Damai Tbk. (PTBSD) telah memutuskan mengakhiri pinjam pakai tanah dan bangunan yang saat ini digunakan untuk Kampus Swiss

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News