Laksanakan Arahan Jenderal (Purn) Budi Gunawan, BIN Bergerak, Warga Dites Usap

Laksanakan Arahan Jenderal (Purn) Budi Gunawan, BIN Bergerak, Warga Dites Usap
Tes usap massal yang digelar warga di Terminal Bojong Gede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (16-2-2021). ANTARA/HO-BIN

jpnn.com, JAKARTA BARAT - Badan Intelijen Negara (BIN) menggelar tes usap massal kepada warga di Terminal Bojong Gede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (16/2), untuk membantu pemerintah memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Koordinator Lapangan Mobile Laboratorium Covid-19 BIN Kolonel Inf. Budi Santoso mengatakan bahwa kegiatan tersebut untuk mempercepat penanganan Covid-19 sesuai dengan arahan dari Kepala BIN Jenderal (Purn) Budi Gunawan.

"Hari ini kami melaksanakan tes cepat antigen dan tes usap PCR sebagaimana arahan dari pimpinan kami untuk melaksanakan kegiatan di sini," ujar Budi dalam pernyataan tertulis, di Jakarta, Selasa (16/2).

Budi menyebutkan pihaknya menyediakan 500 alat tes usap dan mengerahkan 26 tenaga medis guna menunjang pelaksanaan kegiatan tersebut.

BIN juga menyiapkan dua unit mobile laboratorium PCR test dan satu unit bus laboratorium untuk mengolah langsung sampel tes usap yang dilakukan kepada warga.

Mobile Lab PCR berstandar Biosafety Level 2 (BSL-2) itu memiliki kemampuan ekstraksi dan running sampel hasil tes usap dalam waktu 8 sampai 10 jam.

"Apabila diketemukan reaktif, kami langsung arahkan untuk swab PCR yang hasil nanti kami koordinasikan dengan Satgas Covid-19 setempat," tuturnya.

Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB. Warga sekitar termasuk pedagang pasar, sopir angkutan umum dan pegawai Kantor Pemerintahan Kabupaten Bogor mulai berdatangan menuju lokasi kegiatan dilakukan.

Tes usap massal untuk mempercepat penanganan Covid-19 sesuai dengan arahan dari Kepala BIN Jenderal (Purn) Budi Gunawan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News