Lama Duduk di Meja Kerja Bisa Sebabkan Stres

Lama Duduk di Meja Kerja Bisa Sebabkan Stres
Lama Duduk di Meja Kerja Bisa Sebabkan Stres

jpnn.com - Banyak pakar memastikan duduk dalam rentang waktu yang lama dapat menyebabkan gangguan fisik, terutama nyeri punggung dan pinggul hingga diabetes dan penyakit jantung. Tapi sebuah studi baru mengungkapkan kebanyakan duduk juga buruk bagi otak seseorang.

Dalam studi itu, partisipan pria yang duduk selama tiga sampai enam jam sehari berisiko 21 persen lebih tinggi mengalami gangguan psikologis sedang ketimbang pria yang duduk kurang dari tiga jam sehari.

"Kendati begitu peneliti masih belum yakin apakah terjebak di meja kerjalah yang menyebabkan rendahnya kesehatan mental seseorang, atau sebaliknya streslah yang membuat anda terjerat di meja kerja," kata peneliti Michelle Kilpatrick, Ph.D, seperti dilansir laman Menshealth, Kamis (19/9).

"Yang jelas banyak bergerak itu baik bagi tubuh juga otak anda. Tak bergerak dalam periode yang panjang pun dikaitkan dengan gangguan fisik, misalnya tingginya risiko diabetes dan penyakit kardiovaskular, serta masalah mental," katanya lebih lanjut.

Untuk itu bagi para pekerja kantoran disarankan untuk sering mengambil jeda dari duduk, seperti dengan berdiri atau jalan-jalan keliling kantor karena meski sepele hal-hal ini dapat mengurangi efek samping dari duduk berlebihan.

Faktanya, studi lain yang dilakukan dari Australia juga menemukan rutin mengambil jeda dari duduk selama dua menit dapat mengurangi risiko kardiovaskular yang dimiliki seseorang.(fny/jpnn)


Banyak pakar memastikan duduk dalam rentang waktu yang lama dapat menyebabkan gangguan fisik, terutama nyeri punggung dan pinggul hingga diabetes


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News