Lampu Hijau dari Jokowi untuk Para Menterinya Jadi Caleg

Lampu Hijau dari Jokowi untuk Para Menterinya Jadi Caleg
Presiden Joko Widodo. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo memberikan lampu hijau kepada para menteri di kabinetnya yang berencana maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

"Ya dipersilakan," kata presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi itu ketika meninjau pameran Indo Livestock 2018 di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (6/7).

Mantan gubernur DKI Jakarta itu menyadari bahwa sejumlah menterinya dari partai politik. Karena itu bisa saja menteri-menteri berlatar politikus menjalankan tugas dari partai politik masing-masing, salah satunya menjadi caleg.

"Saya kira wajar saja kalau mereka ditugaskan partai untuk menjadi caleg. Tapi sampai sekarang belum ada yang menyampaikan kepada saya," ujarnya.

Presiden Ketujuh RI itu menyatakan bahwa dirinya tidak akan menghambat para menterinya yang berkeinginan menjadi caleg. Sebab, mereka bisa mengajukan cuti saat memasuki masa kampanye.

"Ya izin saja. Nanti izin cuti kalau mau kampanye. Jangan sampai mengganggu tugas keseharian di dalam pemerintahan," pungkasnya.

Saat ini terdapat sejumlah menteri berlatar belakang kader partai. Dari PDI Perjuangan ada Menko PMK Puan Maharani, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menkumham Yasonna H Laoly, Menteri Koperasi & UKM Anak Agung Puspayoga dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Selain itu ada pula menteri dari Golkar. Yakni Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Sosial Idrus Marham.

Presiden Jokowi tak akan menghambat menteri-menterinya yang maju sebagai calon anggota legislatif pada Pemilu 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News