Langkah Menteri Bahlil Optimalkan OSS Akan Tingkatkan Realisasi Investasi

Langkah Menteri Bahlil Optimalkan OSS Akan Tingkatkan Realisasi Investasi
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. Foto: Instagram @bahlillahadalia

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat ekonomi Unika Atma Jaya Jakarta Rosdiana Sijabat mengatakan langkah Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengoptimalkan peran Online Single Submission (OSS) untuk memudahkan proses perizinan bagi para pengusaha akan meningkatkan realisasi investasi di Indonesia.

Menurut Rosdiana, peran OSS sangat penting dalam membantu kerja-kerja pemerintah untuk menarik investor berinvestasi di Indonesia.

Dia mengatakan penggunaan OSS ini juga akan membawa perubahan administrasi secara elektronik dan membuat efektivitas kecepatan transparansi makin membaik.

“Menurut saya, ini salah satu kebijakan yang cukup penting. Sejauh ini untuk adanya online single submission, kita ini sudah membawa perubahan. Kita lihat misalnya realisasi investasi di tahun 2022 itu sedikit di atas target. Dari Rp 1.200 triliun yang ditargetkan, kita mencapai Rp 1.207 triliun, kurang lebih 54 persen dari realisasi investasi berasal dari investasi asing,” kata Rosdiana  pada Senin (28/8).

Rosdiana mengatakan penerapan OSS ini bisa dimanfaatkan oleh pemerintah dalam menghadapi ketidakpastian global saat ini. Banyak negara-negara maju dan berkembang mengalami pelemahan di ekonomi hingga pemerintah perlu melakukan kebijakan-kebijakan yang memudahkan investor untuk berinvestasi di Indonesia.

Dia mengatakan perlu memanfaatkan ketidakpastian global. Sebab, banyak perekonomian negara yang lesu, tetapi bisa memanfaatkan potensi yang kita miliki untuk menarik minat investor asing datang ke Indonesia.

“Kita bisa merealisasikan 54 persen dari total investasi di 2022 dari investor asing. Nah, ini sesuatu yang baik,” ujar Rosdiana.

Rosdiana berpandangan Menteri Bahlil dapat melakukan pada tahun 2023 mendatang.

Pengamat ekonomi Rosdiana Sijabat mengatakan langkah Menteri Bahlil mengoptimalkan peran OSS akan meningkatkan realisasi investasi di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News