Langkah Nyata APP Dukung Pencegahan Karlahut

Langkah Nyata APP Dukung Pencegahan Karlahut
Kebakaran lahan dan hutan. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas menyatakan dukungannya untuk kesiapsiagaan menghadapi musim kemarau 2017.

Dukungan ini antara lain dinyatakan dalam keterlibatan Apel Siaga yang diadakan Pemerintah Provinsi Riau yang juga dihadiri unsur pemerintah pusat serta daerah dan unsur masyarakat.

‎APP memberikan langkah kongkrit dengan memperkenalkan Integrated Fire Management (IFM) sekaligus Desa Makmur Peduli Api (DMPA) sebagai program-program yang telah dibangun dan dijalankan APP dalam memaksimalkan upaya pencegahan kebakaran lahan dan hutan (karlahut).

“Kami telah membangun sistem yang terintegrasi untuk menanggulangi sekaligus mencegah bencana kebakaran lahan dan hutan di dalam dan luar konsesi hutan tanaman kami,” ujar Direktur Sinar Mas Forestry, Stanley Najoan, Jumat (3/3).

Ia menambahkan, saat ini APP memiliki situation room center sebagai pusat pendistribusian informasi mengenai deteksi hotspot di seluruh lahan konsesi APP dan mitra pemasok.

Kepala BNPB Willem menegaskan, pihaknya sangat mengapresiasi integrasi sistem pencegahan kebakaran hutan dan lahan yang sudah dikembangkan Sinar Mas. Pihaknya berharap, sistem tersebut bisa diintegrasikan dengan sistem yang dimiliki BNPB.

Stanley menambahkan, thermal kamera bekerja 24 jam dengan auto detection. Thermal kamera ini berdiri setinggi 70 meter dan memiliki jarak jangkau 10 km efektif memantau fire spot.

Upaya yang dijalankan perusahaan menurut Stanley, tak terlepas dari dukungan tim pemadam kebakaran yang terdiri dari 2,700 pemadam terlatih (RPK) dan 2,000 masyarakat peduli api (MPA) di lapangan.

Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas menyatakan dukungannya untuk kesiapsiagaan menghadapi musim kemarau 2017.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News