Lanjutkan Kesepakatan Ekspor, Mentan Temui Presiden Argentina

Lanjutkan Kesepakatan Ekspor, Mentan Temui Presiden Argentina
Mentan Andi Amran Sulaiman bersama Presiden Argentina Mauricio Macridi Buenos Aires. Foto: Kementan

jpnn.com - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman melakukan pertemuan dengan Presiden Argentina Mauricio Macridi Buenos Aires. Pertemuan ini untuk melanjutkan pembicaraan kesepakatan ekspor kedua negara yang sudah sempat dibicarakan di Istana Bogor beberapa waktu lalu.

Mentan Amran mengatakan, dalam pertemuan yang digelar Senin (22/7) kemarin, pemerintah Argentina menyetujui Indonesia mengekspor mangga, pisang, manggis, nanas, dan salak. Di sisi lain, pemerintah Argentina juga berkomitmen menambah volume ekspor CPO ke Argentina, sehingga pangsa pasar meningkat.

Pada kesempatan yang sama, kedua pemerintah sepakat untuk bekerja sama dalam pengembangan teknologi pertanian, yaitu dryer, silo, dan mekanisasi pengolahan hasil pertanian.

"Ini adalah saat bersejarah bagi pertanian Indonesia. Akses pasar bagi produk petani kita diberikan langsung Presiden Argentina pada Menteri Pertanian. Kami akan maksimalkan peluang ini agar kesejahteraan petani meningkat,” tegas Mentan Amran.

BACA JUGA: Sesuai Arahan Mentan Amran, Indonesia Siap Tingkatkan Ekspor Hortikultura ke Singapura

Persetujuan tersebut akan diawali dengan penandatangan perjanjian kedua belah pihak, antara Menteri Pertanian dan Menteri Agroindustri Argentina, yang direncanakan akan dilaksanakan di Jakarta pada September 2019. Kedua belah pihak berkomitmen meningkatkan kerja sama perdagangan bidang pertanian yang saling menguntungkan dan seimbang.

Untuk itu pemerintah kedua negara akan mendorong dan mamfasilitasi sektor swasta untuk mewujudkan hal tersebut dalam waktu dekat.

Dengan perjanjian tersebut, volume dan nilai perdagangan kedua negara dapat ditingkatkan secara signifikan dalam tahun-tahun yang akan datang.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman melakukan pertemuan dengan Presiden Argentina Mauricio Macridi Buenos Aires.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News