Lantamal V Panen Udang Vaname, Pangkoarmada II Sebut Ketahanan Pangan

Lantamal V Panen Udang Vaname, Pangkoarmada II Sebut Ketahanan Pangan
Panglima Koarmada II Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto melalui video conference dari Koarmada II, Surabaya memimpin panen udang Vaname, Kamis (31/3) di Tambak Udang Lantamal V, Ujung, Surabaya. Foto: Dispen Lantamal V

jpnn.com, SURABAYA - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V Surabaya kembali melaksanakan panen udang Vaname, Kamis (31/3) di Tambak Udang Lantamal V, Ujung, Surabaya.

Kegiatan ini berlangsung secara serentak di seluruh satuan di bawah jajaran Koarmada II. Mulai dari Lantamal hingga tingkat Lanal (Pangkalan TNI AL).

Kegiatan ini dipimpin oleh Panglima Koarmada II Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto melalui video conference dari Koarmada II, Surabaya.

Panglima Koarmada II menyampaikan Covid-19 berpengaruh besar terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan, pemimpin TNI, khususnya TNI AL telah memerintahkan untuk membuat program ketahanan pangan.

“Usaha untuk memelopori ketahanan pangan secara mandiri sangatlah dibutuhkan dengan inovasi sesuai ilmu pengetahuan yang dimiliki. Kegiatan ini patut diberikan apresiasi,” kata Panglima Koarmada II.

Komandan Lantamal V yang diwakili oleh Wadan Lantamal V Kolonel Marinir Joni Sulistiawan saat dialog melalui video conference menyampaikan Lantamal V telah membudidaya udang vaname dan hasil dipanen ini merupakan bibit udang yang ditebar pada bulan Desember 2021 yang lalu.

“Saat ini telah dipanen secara parsial sebanyak 2 ton, diharapkan pada bulan April 2022 nanti, akan kembali dipanen sebanyak 3 ton, sehingga total mencapai 5 ton. Saat ini udang vaname telah mencapai ukuran 47 ekor per Kg,” ungkap Wadan Lantamal V saat berdialog dengan Pangkoarmada II melalui video conference.

Program ketahanan pangan ini, selaras dengan Perintah Harian dari Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono. Salah satunya menegaskan untuk menjadi contoh dan teladan dalam mendukung upaya percepatan penanganan Covid-19 serta cepat beradaptasi  diri terhadap tatanan kehidupan normal baru.

Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V Surabaya kembali melaksanakan panen udang Vaname, Kamis (31/3) di Tambak Udang Lantamal V, Ujung, Surabaya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News