LaNyalla Minta Pemda Pastikan Kenyamaman Pengungsi Erupsi Gunung Api Lewolotok

LaNyalla Minta Pemda Pastikan Kenyamaman Pengungsi Erupsi Gunung Api Lewolotok
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Foto: Humas DPD.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti meminta pemerintah daerah (pemda) dan para senator asal Nusa Tenggara Timur (NTT) memastikan kenyamanan para pengungsi erupsi Gunung Api Ile Lewotolok. Status aktivitas Gunung Ili Lewotolok berada di Level III atau Siaga.

"Seperti arahan Presiden Joko Widodo, keselamatan masyarakat merupakan hukum tertinggi," kata LaNyalla di Jakarta, Kamis (3/12).

Gunung Api Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, NTT mengalami erupsi pertama pada 29 November lalu. Setelahnya, Gunung Lewotolok mengalami erupsi secara fluktuatif hingga hari ini.

Hingga 2 Desember, dilaporkan ada 7.968 orang yang mengungsi di tujuj titik pengungsian.

LaNyalla meminta pemda memberikan pelayanan terbaiknya kepada para pengungsi.

"Pemerintah daerah, khususnya Pemkab Lembata harus memastikan keperluan pengungsi terpenuhi dengan baik. Mulai dari tempat mereka tidur, makanan, hingga keperluan medis. Susu untuk bayi dan anak-anak juga harus disiapkan," tutur LaNyalla.

Senator dari Dapil Jawa Timur ini juga meminta Pemkab Lembata dan Pemerintah Provinsi NTT memperhatikan keselamatan pengungsi dari Covid-19,  mengingat penularan corona sangat rentan saat di kerumunan.

LaNyalla mengingatkan pentingnya protokol kesehatan meskipun mereka berada di pengungsian.

La Nyalla mengimbau kepada masyarakat untuk terus mewaspadai ancaman bencana alam yang akhir-akhir ini banyak terjadi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News