JPNN.com

LAPAN Perkirakan Awal Puasa 2019 Kompak, tapi Tunggu Sidang Isbat

Minggu, 28 April 2019 – 06:07 WIB LAPAN Perkirakan Awal Puasa 2019 Kompak, tapi Tunggu Sidang Isbat - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat penetapan 1 Ramadan atau awal puasa 2019 pada 5 Mei. Jumat (26/4), kemenag mengumumkan lokasi pemantauan hilal atau rukyat di seluruh provinsi Indonesia.

Untuk provinsi Jawa Timur, rukyat dilakukan di beberapa titik. Diantaranya di Pantai Tanjung Kodok Paciran Lamongan, Bukit Banyu Urip Kec. Senori Kab. Tuban, dan komplek Lapan di Gempol Kab. Pasuruan.

Sementara itu untuk wilayah DKI Jakarta dilakukan di Gedung Kanwil Kemenag DKI Jakarta, Masjid Al-Musyari'in Basmol Jakarta Barat, Pulau Karya Kep. Seribu, dan DKM Masjid KH. Hasyim Asyari.

Dirjen Bimas Islam Kemenag Muhammadiyah Amin mengatakan sesuai jadwal sidang isbat awal bulan puasa digelar 5 Mei. Seperti tahun sebelumnya, sidang itsbat akan dihadiri sejumlah pihak. Diantaranya Duta Besar negara-negara sahabat, Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan sejumlah ormas Islam seperti NU dan Muhammadiyah.

Kemudian juga ada perwakilan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), serta Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB).

BACA JUGA: Muhammadiyah Sudah Tetapkan Awal Puasa 2019, Kemenag Sidang Isbat 5 Mei

"Sidang itsbat merupakan wujud kebersamaan Kementerian Agama dengan Ormas Islam dan instansi terkait dalam mengambil keputusan," katanya. Dimana hasil sidang isbat diharapkan bisa diterapkan oleh umat Islam secara bersama-sama.

Dia menerangkan roses sidang akan dimulai pukul 16.00 WIB. Diawali dengan pemaparan dari Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Ramadan 1440H. Proses sidang itsbatnya, dijadwalkan berlangsung selepas salat Magrib.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...