Lapar lagi setelah 2-4 Jam Makan Sahur? Ini Penyebabnya!

Lapar lagi setelah 2-4 Jam Makan Sahur? Ini Penyebabnya!
Ilustrasi wanita. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Dokter spesialis gizi klinik lulusan Universitas Hasanuddin Makassar Tirta Prawita Sari menjelaskan, kondisi yang terjadi dalam tubuh saat berpuasa termasuk alasan terkadang merasa lapar 2-4 jam setelah makan sahur.

Menurut Ketua Yayasan Gerakan Masyarakat Sadar Gizi itu, rasa lapar yang muncul setelah 2-4 jam setelah sahur biasanya karena makanan ada dalam tubuh mulai habis dan insulin dalam tubuh turun.

Menurut dia, ada hormon yang kemudian memberitahu otak kalau lambung sudah kosong dan menuntut untuk diisi.

Sebagai bentuk respons setelah empat jam ini, tubuh mengeluarkan cadangan berupa glikogen yang biasanya tersimpan dalam tubuh, tergantung jenis dan kuantitas makanan yang dikonsumsi.

"Cadangan ini biasanya habis dalam 12 jam, setelah itu glukagon berkerja mencari dan memecahkan cadangan energi dari sumber lain dan paling banyak sekali dalam tubuh adalah lemak," ujar Tirta dalam sebuah diskusi awam belum lama ini.

Saat puasa memasuki 10 jam, lemak mulai dipecah, sehingga kadarnya akan mulai meningkat dan dua jam kemudian atau kondisi 12 jam berpuasa sampai pada titiknya.

Itulah sebabnya seseorang merasa ada gelombang lapar, kemudian normal lagi, kembali lapar lalu merasa baik-baik saja dekat-dekat waktu berbuka puasa.

"Karena setelah 12 jam asam lemak yang menjadi pecahan sumber energi mulai mencapai puncak, sehingga energi lagi bagus-bagusnya makannya segar lagi," kata Tirta.

Menurut Tirta, berpuasa dapat mengobati resistensi, menyebabkan insulin yang tadinya resisten menjadi sensitif kembali sehingga keseluruhan proses metabolisme dalam tubuh bekerja lebih baik.

Tubuh terkadang merasa lapar lagi setelah 2-4 jam makan sahur? Jangan panik, mungkin ini penyebabnya.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News