Laporan Intel Jerman Sebut Presiden Tiongkok Minta Bos WHO Tunda Peringatan Bahaya Corona

Laporan Intel Jerman Sebut Presiden Tiongkok Minta Bos WHO Tunda Peringatan Bahaya Corona
Presiden Tiongkok Xi Jinping bersalaman dengan Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom. Foto: Naohiko Hatta/Pool via REUTERS

jpnn.com, GENEVA - Media terbitan Jerman Der Spiegel menurunkan reportase tentang Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) menunda pengumuman mengenai peringatan global tentang ancaman COVID-19.

Majalah terkemuka berbahasa Jerman itu menyebut penundaan pengumuman peringatan tersebut didahului pembicaraan pribadi antara Presiden Tiongkok Xi Jinping dengan Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Der Spiegel tak sembarangan menurunkan reportase itu. Sebab, reportase itu didasarkan pada laporan Dinas Intelijen Federal Jerman yang dikenal dengan sebutan Bundesnachrichtendienst (BND). 

Menyitat laporan BND, Der Spiegel mengabarkan bahwa pada 21 Januari 2020 Xi Jinping meminta Tedros menahan informasi tentang penularan COVID-19 dari orang ke orang. Jingping juga secara khusus meminta Tedros menunda pengumuman tentang peringatan pandemi.

“BND memperkirakan kebijakan informasi Tiongkok kehilangan empat hingga enam pekan untuk memerangi virus di rseluruh dunia,” tulis Der Spiegel mengutip laporan lembaga telik sandi Negeri Panser itu.

Namun, WHO membantah reportase Der Spiegel. Badan di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) itu menyebut raportase Der Spiegel tidak benar dan tak berdasar.

Menurut WHO, Tedros dan Jinping tidak melakukan pembicaraan pada 21 Januari 2020. Lembaga internasional yang bermarkas di Jenewa, Swiss itu menegaskan bahwa Tedros dan Jinping juga tak pernah melakukan pembicaraan per telepon.

“Laporan tak akurat seperti itu mengalihkan perhatian dan mengurangi upaya WHO beserta dunia untuk mengakhiri pandemi COVID-19,” ujar WHO.

Media terbitan Jerman Der Spiegel menurunkan reportase tentang Presiden Tiongkok Xi Jinping berbicara per telepon dengan bos WHO untuk menunda pengumuman peringatan bahaya corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News