LCC Empat Pilar MPR 2019 Tidak Sekadar Mencari Pemenang

LCC Empat Pilar MPR 2019 Tidak Sekadar Mencari Pemenang
SMAN 1 Gorontalo mempersembahkan tarian daerah dari Gorontalo saat penutupan LCC Empat Pilar MPR 2019 di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (4/11) malam. Foto: M Kusdharmadi/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal MPR RI Ma’ruf Cahyono mengatakan Lomba Cerdas Cermat (LCC) Empat Pilar MPR 2019 yang diikuti peserta tingkat SMA sederajat dari seluruh Indonesia bukan sekadar mencari pemenang.

“Jadi ini tidak hanya sekadar untuk mencari pemenang,” tegas Ma’ruf di sela-sela penutupan LCC Empat Pilar MPR 2019 di gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/11) malam.

Ma’ruf menjelaskan kegiatan yang diikuti oleh generasi muda seluruh provinsi ini, terjadi interaksi di antara mereka yang berasal berbagai latar belakang suku, agama, budaya, dan lain-lain.

“Oleh karena itu diharapkan dengan Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar yang melibatkan seluruh generasi muda di tanah air ini muncul persahabatan dan ikatan emosional dalam rangka persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Ma’ruf.

Menurutnya, selama kurang lebih lima hari seja 28 Oktober 2019 itu, para peserta tidak hanya berlomba. Ada pula acara audiensi dengan berbagai tokoh, yang tidak hanya berasal dari lembaga negara, tetapi juga mereka yang sukses di bidang masing-masing. Misalnya, dari salah satu tokoh bisnis e-commerce yang sudah sukses, inspiratif, dan dari generasi milenial.

“Jadi, ada best practice dari tokoh-tokoh itu yang bisa saja menjadi teladan para generasi muda,” ujarnya.

Tidak hanya itu, lanjut Ma’ruf, pihaknya juga mengundang Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk memberikan pemahaman kepada generasi muda. Tujuannya adalah meningkatkan kesadaran para generasi muda untuk menjauhi barang-barang terlarang sesuai undang-undang. “Pencerahan BNN ini suatu yang penting untuk generasi muda,” kata Ma’ruf.

Dia menambahkan ada pula pentas seni yang mengangkat kearifan lokal masing-masing daerah. Selain untuk menyatukan visi misi bangsa, pentas seni ini juga mengangkat budaya lokal yang kemudian dipertandingkan.

Sesjen MPR RI Ma’ruf Cahyono mengatakan LCC Empat Pilar MPR 2019 yang diikuti peserta tingkat SMA sederajat dari seluruh Indonesia bukan sekadar mencari pemenang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News