Le Minerale Edukasi Masyarakat Pulau Komodo Soal Ekonomi Sirkular

Le Minerale Edukasi Masyarakat Pulau Komodo Soal Ekonomi Sirkular
Kerja sama Le Minerale-IWP-ADUPI dalam gerakan ekonomi sirkular di Pulau Komodo. Foto: dok Le Minerale

jpnn.com, LABUAN BAJO - Setelah berpartisipasi pada acara World Cleanup Day pada September lalu, Le Minerale memulai langkah strategis mendukung pengelolaan sampah plastik di Pulau Komodo.

Dalam Gerakan Ekonomi Sirkular Pulau Komodo, Le Minerale bekerja sama dengan Indonesian Waste Platform (IWP) dan Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI).

IWP bertugas melakukan edukasi kepada masyarakat Pulau Komodo, serta mengumpulkan dan memilah sampah plastik. Sedangkan ADUPI melakukan pengolahan sampah plastik menjadi produk baru yang bernilai ekonomi tinggi.

Dengan kerja sama ini diharapkan permasalahan sampah plastik di Pulau Komodo mendapat solusi terbaik, masyarakat pun mendapat nilai tambah. Dengan menjaga lingkungan, ekonomi masyarakat dari sektor pariwisata juga terjaga.

Dalam sambutan melalui video, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya menyatakan pemerintah mendukung penuh partisipasi para penggagas konversi sampah menjadi material yang memiliki manfaat berkelanjutan bagi masyarakat dan lingkungannya.

Pemerintah menghargai setinggi-tingginya mereka yang menggerakkan sebanyak mungkin orang untuk mengurai sampah menjadi salah satu mata rantai dari konsep ekonomi sirkulasi.

Lebih lanjut Menteri KLHK menegaskan, pemerintah akan selalu mendukung semua pihak penyelenggara ekonomi sirkulasi dari sampah ini, terutama sampah plastik, yang sering dituding sebagai material pencemar lingkungan.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengucapkan terimakasih, khususnya untuk PT. Tirta Fresindo Jaya yang tidak hanya berproduksi dengan menggunakan bahan plastik, namun juga berinovasi memperlihatkan rasa tanggung jawabnya dengan beragam inisiatif, khususnya tentang pengelolaan serta pemanfaatan sampah plastik.

Sustainability Director PT Tirta Fresindo Jaya Ronald Atmadja, mengatakan, Le Minerale memiliki komitmen tinggi mendukung upaya pemerintah dan ingin berkontribusi sebesar-besarnya mengelola sampah plastik.

Le Minerale bekerja sama dengan Indonesian Waste Platform (IWP) dan Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI) untuk mengedukasi masyarakat Pulau Komodo soal ekonomi sirkular.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News