Lemkapi Nilai Kinerja Antarpihak dalam Mengelola Arus Mudik dan Balik Sukses

Lemkapi Nilai Kinerja Antarpihak dalam Mengelola Arus Mudik dan Balik Sukses
Lembaga Kajian Strategis Kepolisian (Lemkapi) menilai pengamanan arus mudik dan balik pada Lebaran 2024 secara umum berjalan lancar dan kondusif. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Kajian Strategis Kepolisian (Lemkapi) menilai pengamanan arus mudik dan balik pada Lebaran 2024 secara umum berjalan lancar dan kondusif.

Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan mengapresiasi berbagai pihak terkait atas kelancaran arus mudik dan balik.

Edi menganggap kelancaran ini lebih disebabkan karena bagusnya koordinasi semua pihak yang terkait.

"Kami melihat untuk pengamanan arus mudik dan arus balik, koordinasi Polri dengan stokholder lain sangat bagus. Mereka saling support dan saling melengkapi demi memberikan kenyamanan kepada masyarakat," kata Edi dalam keterangannya, Rabu (17/4).

Dosen Pascasarjana Universitas Bhayangkata Jakarta itu menyampaikan berdasarkan hasil pemantauan pihaknya, sejumlah pihak yang terlibat berperan aktif dalam pengamanan lebaran antara lain Polri, Kementerian Perhubungan, Jasa Marga, TNI, dan Kemenko PMK.

"Kami mengamati semua stake holder bekerja baik dan optimal. Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Polri dan stake holder lainnya," kata mantan anggota Kompolnas itu.

Menurut Edi, tantangan pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2024 paling berat mengingat jumlah pemudik jauh melebih tahun-tahun sebelumnya.

"Jumlah masyarakat yang mudik lebih dari 190 juta. Jadi, naik dratis. Kendaraan tumplak di jalan," jelas dia.

Menurut Lemkapi, tantangan pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2024 paling berat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News