Lencana Pendidikan untuk Gamawan

Lencana Pendidikan untuk Gamawan
Lencana Pendidikan untuk Gamawan
JAKARTA - Kerja keras Pemprov Sumbar tiga tahun terakhir untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pendidikan di Ranah Minang akhirnya mendapat pengakuan dari pemerintah. Bertempat di Indoor Senayan Jakarta, Selasa (2/12), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, disaksikan oleh sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu, pimpinan MPR/DPR/DPD serta ribuan guru yang datang dari berbagai pelosok tanah air, menyaksikan langsung penyematan Satya Lencana Bidang Pendidikan kepada Gubernur Sumbar H Gamawan Fauzi.

Penghargaan tersebut, sebagaimana yang ditegaskan oleh Mendiknas Bambang Sudibyo, hanya diberikan kepada Sumatera Barat karena dinilai telah melakukan lompatan besar bagi dunia pendidikan."Terutama terhadap empat hal pokok yakni penuntasan wajib belajar terpenuhi, rehabilitasi infrastruktur sekolah berikut dengan membangun sekolah baru, pemenuhan kualifikasi dan sertifikasi guru dan pemberantasan buta aksara," tegas Mendiknas Bambang Sudibyo, dalam acara Peringatan Hari Guru dan PGRI, di Jakarta, Selasa (2/12).

Bahkan dari data yang dibacakan oleh pihak penyelenggara acara, APK (115,82 persen) dan APM (99,67 persen) Sekolah Dasar di Sumatera Barat melebihi standar nasional masing-masing 95 persen. Sementara untuk pemberantasan Buta Aksara, Pemprov Sumbar melebihi target nasional karena presentase Buta Aksara di Sumbar hanya tinggal 0,6 persen. Sedangkan angka Buta Aksara nasional pada tahun 2010 diprediksi berada pada angka 5,0 persen.

Hal lain yang sangat menggembirakan dunia pendidikan kita adalah terlampauinya presentase angka kelulusan nasional yang mematok 89 persen, sedangkan Sumbar berada pada angka 92 persen kelulusan.

JAKARTA - Kerja keras Pemprov Sumbar tiga tahun terakhir untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pendidikan di Ranah Minang akhirnya mendapat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News