Lestari: Dinamika Politik di Dalam & Luar Negeri Momentum Memperkuat Nilai Kebangsaan

Lestari: Dinamika Politik di Dalam & Luar Negeri Momentum Memperkuat Nilai Kebangsaan
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan perubahan arus politik di dalam dan luar negeri harus menjadi momentum untuk memperkuat dan mengamalkan nilai-nilai kebangsaan, dalam upaya menjawab sejumlah tantangan yang dihadapi anak bangsa saat ini dan masa datang.

Sebab, pasca-76 tahun Indonesia merdeka, kehidupan bangsa Indonesia masih menghadapi sejumlah tantangan bidang politik baik secara internal, kawasan maupun global.

"Perlu langkah yang segera untuk menjawab berbagai tantangan tersebut," kata Lestari Moerdijat saat membuka diskusi daring bertema Tantangan Politik 76 Tahun Indonesia Merdeka yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu (25/8).

Diskusi tersebut menghadirkan sejumlah pembicara antara lain Anggota Komisi I DPR Muhammad Farhan, Direktur Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme/BNPT Brigjen Pol. R Ahmad Nurwakhid, Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial, CSIS Arya Fernandez.

Selain itu juga hadir Dr. Connie Bakrie (Pakar Pertahanan dan Keamanan), Dr. Zora Sukabdi (Dosen Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia), dan Milda Istiqamah, Ph.D (Pakar Terorisme, Dosen Hukum Univ Brawijaya) sebagai penanggap.

Menurut Lestari, selain pandemi saat ini perkembangan teknologi juga memengaruhi dinamika politik nasional. Ditambah lagi era disrupsi tidak  hanya menyebabkan distorsi informasi, juga mempengaruhi pola pikir anak bangsa.

"Oleh karena telah terjadi transformasi dalam ruang publik yang melampaui sekat identitas dan batas negara," ucap anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu.

Menurut Rerie -sapaan Lestari, politik dan politisi mesti mengoptimalkan ekosistem digital dalam memperkuat nilai-nilai kebangsaan berhadapan dengan ragam tantangan yang tak hanya menyasar kehidupan sosial, tetapi juga ideologi berbangsa.

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menekankan pentingnya memperkuat nilai kebangsaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News