Letjen TNI Suharyanto: Kami Sudah Menyiapkan Isolasi Terpusat di Setiap Provinsi

Letjen TNI Suharyanto: Kami Sudah Menyiapkan Isolasi Terpusat di Setiap Provinsi
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Suharyanto. ANTARA/Andi Firdaus

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Suharyanto mengatakan pemerintah telah menyiapkan fasilitas isolasi terpusat (isoter) di setiap provinsi di Indonesia.

Dia menyatakan bahwa fasilitas isolasi terpusat itu digunakan untuk merawat masyarakat terpapar Covid-19 tetapi bergejala ringan hingga sedang. 

Bagi masyarakat yang tidak bergejala, katanya, disarankan melakukan isolasi mandiri (isoman) dengan didukung obat-obatan dari pemerintah. 

"Kami sudah menyiapkan isolasi terpusat di setiap provinsi bagi mereka yang terpapar tetapi bergejala ringan hingga sedang," kata Letjen TNI Suharyanto kepada wartawan di Jakarta, Jumat (18/2). 

Dalam kesempatan itu, Letjen TNI Suharyanto mengatakan secara klinis tingkat kematian akibat Covid-19 varian Omicron tidak separah Delta. 

Namun, Omicron tetap berpotensi menimbulkan kematian bagi mereka yang memiliki penyakit penyerta, belum divaksin, dan lansia.

"Kelompok rentan inilah yang terbanyak mengalami fatalitas ketika terpapar Omicron," ujarnya.

Menurut dia, saat ini mayoritas masyarakat sudah divaksin. Perinciannya, 90 persen divaksin dosis 1 dan 66 persen dosis 2.  

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Suharyanto mengatakan pemerintah telah menyiapkan fasilitas isolasi terpusat (isoter) di setiap provinsi di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News