JPNN.com

Lewat Agro Solution Pupuk Kaltim Berhasil Tingkatkan Produktivitas Pertanian Banyuwangi hingga 76%

Kamis, 10 Desember 2020 – 21:08 WIB
Lewat Agro Solution Pupuk Kaltim Berhasil Tingkatkan Produktivitas Pertanian Banyuwangi hingga 76% - JPNN.com
Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi. Foto dok Pupuk Kaltim

jpnn.com, BANYUWANGI - Pupuk Kaltim melalui program Agro Solution kembali berhasil meningkatkan hasil pertanian masyarakat, khususnya komoditas padi di Desa Bubuk, Kecamatan Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Di Desa Bubuk, Agro Solution dilaksanakan di atas lahan seluas 4 Hektare, dengan peningkatan hasil panen mencapai 76 persen dari sebelumnya.

Keberhasilan tersebut ditandai dengan panen perdana oleh Direktur Utama Pupuk Indonesia Bakir Pasaman, bersama Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi dan Pemkab Banyuwangi, pada Kamis (10/12).

Adapun peningkatan hasil produksi sebesar 76% melihat total panen yang mencapai 8,8 ton per hektare, atau naik 3,8 ton dari sebelumnya 5 ton  per hektare.

Lokasi ini merupakan pilot project untuk Kabupaten Banyuwangi, dengan target realisasi keseluruhan mencapai 141 hektare untuk komditas padi dan jagung yang tersebar di 11 Kecamatan.

“Saat ini tengah disiapkan Agro Solution tahap 2 seluas 7 hektare dan target peningkatan produktivitas minimal sama dengan panen kali ini,” ujar Rahmad Pribadi.

Dijelaskannya, selama masa tanam hingga panen, petani mendapat berbagai pendampingan, seperti pengelolaan lahan dan pemilihan bibit unggul, kemudahan akses permodalan dan pupuk, hingga asuransi untuk antisipasi gagal panen dengan model kemitraan pertanian terintegrasi (Prisma).

Seluruh kemudahan tersebut disiapkan Pupuk Kaltim untuk meningkatkan produktivitas pertanian yang difasilitasi pada program Agro Solution.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...