Lewat Customs Goes to School, Ajak Pelajar dan Mahasiswa jadi Duta Bea Cukai

Lewat Customs Goes to School, Ajak Pelajar dan Mahasiswa jadi Duta Bea Cukai
Petugas Bea Cukai Pekanbaru mengedukasi siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Kota Pekanbaru tentang aturan kepabeanan dan cukai maupun tugas fungsi instansi tersebut. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai terus berupaya memasyarakatkan aturan kepabeanan dan cukai. Kali ini menyasar pelajar dan mahasiswa, kantor pelayanan Bea Cukai di berbagai daerah menggelar sosialisasi bertajuk Customs Goes to School.

Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai Tubagus Firman Hermansjah mengatakan pelajar dan mahasiswa memang belum secara langsung berinteraksi dengan Bea Cukai.

"Namun, dengan memahami peran Bea Cukai dan aturan kepabeanan dan cukai diharapkan mereka dapat menjadi duta-duta Bea Cukai di tengah masyarakat," kata Firman, Selasa (26/10).

Dia menjelaskan duta-duta Bea Cukai tersebut, yaitu orang-orang yang berperan menyebarluaskan informasi kepabeanan dan cukai dan membantu membangun pandangan positif masyarakat terhadap Bea Cukai.

Firman menyebutkan Customs Goes to School baru-baru ini dilaksanakan Bea Cukai Malang.

Peada kegiatan itu, siswa SMKN 4 Malang diperkenalkan dengan tugas dan fungsi utama Bea Cukai yang merupakan garda terdepan dalam mengawasi arus keluar masuk barang.

Selain itu, Bea Cukai Malang juga menjadi narasumber dalam webinar Bertemakan “Tax Policy Options For Funding Recovery During COVID-19 Pandemic” yang digelar Universitas Brawijaya.

"Dalam webinar tersebut, kami memaparkan peran Bea Cukai selama pandemi, khususnya dalam program pemulihan ekonomi nasional," jelasnya.

Bea Cukai gencar melaksanakan Customs Goes to School untuk mengedukasi kalangan pelajar maupun mahasiswa.