Lewat Pelatihan Smart Farming, SMKPP Siap Hadapi Tantangan

Lewat Pelatihan Smart Farming, SMKPP Siap Hadapi Tantangan
Kegiatan Teaching Factory (TEFA) di SMK-PP Negeri Banjarbaru berupa pelatihan smart farming tentang smart green house. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, BANJARBARU - Kementerian Pertanian (Kementan) menaruh harapan besar pada generasi milenial untuk menjawab tantangan di era industri 4.0.

Hal ini terjadi karena tantangan atas pembangunan pertanian di Indonesia tak lepas dari pemanfaatan teknologi dan inovasi dalam sektor pertanian itu sendiri.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meminta generasi muda dapat mengambil peranan dalam pembangunan pertanian.

"Generasi milenial yang inovatif dan memiliki gagasan yang kreatif akan mampu mengawal pembangunan pertanian yang maju, mandiri, modern," katanya.

SMK-PP Negeri Banjarbaru sebagai institusi pendidikan vokasi di bawah naungan Kementan pun terus berupaya meningkatkan dan mengembangkan kualitas lulusannya.

Salah satu upayanya ialah meningkatkan kualitas Teaching Factory (TEFA) karena melalui TEFA, peserta didik akan dapat meningkatkan kompetensinya sebagai wirausaha dan memiliki kesiapan untuk terjun di dunia industri yang sebenarnya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi mengungkapkan Kementan melalui SMK-PP, Politeknik atau pendidikan vokasi, akan terus berupaya menghasilkan SDM yang profesional, berjiwa wirausaha, dan SDM yang mempunyai daya saing tinggi.

"Salah satu indikasi keberhasilan dari pendidikan vokasi Kementan adalah output atau alumninya dapat diserap oleh Dunia Usaha atau Dunia Industri (DuDi). Untuk itu, kami menerapkan Teaching Factory (TEFA) di mana model pembelajaran dalam suasana sesungguhnya (tempat kerja) dan bertujuan untuk menumbuhkan kemampuan kewirausahaan peserta didik atau lulusan sesuai dengan kebutuhkan DuDi," tegasnya.

SMKPP Banjarbaru menggelar pelatihan smart farming tentang smart green house yang diharapkan dapat diaplikasikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News