Libur IdulAdha, Jasa Marga Tingkatkan 4 Layanan Gerbang Tol

Libur IdulAdha, Jasa Marga Tingkatkan 4 Layanan Gerbang Tol
Lalu lintas kendaraan di tol. Foto Jasa Marga

jpnn.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi adanya peningkatan volume lalu lintas kendaraan yang meninggalkan Jakarta selama periode Hari Raya IdulAdha 1441H.

Prediksi untuk jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta selama periode libur panjang hari raya IdulAdha 1441 H (30 Juli s.d 2 Agustus 2020) adalah sebanyak 546.436 kendaraan, naik 2,68 persen jika dibandingkan dengan lalu lintas normal.

Operation Management & Maintenance Group Head Jasa Marga Pratomo Bimawan Putra mengatakan jumlah tersebut merupakan angka kumulatif lalu lintas yang meninggalkan Jakarta di beberapa Gerbang Tol (GT) barrier/utama, yaitu GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan) serta GT Cikampek Utama & GT Kalihurip Utama (arah Timur).

“Kami memprediksi dari seluruh gerbang tol tersebut, distribusi lalu lintas mayoritas ke arah Timur sebesar 45,9 persen. Sementara itu untuk yang ke arah Barat sebesar 29,2 persen dan ke arah Selatan sebesar 24,9 persen,” jelasnya.

Dengan adanya peningkatan volume lalu lintas keluar Jakarta tersebut, Jasa Marga mempersiapkan operasi optimal di Gerbang Tol, Lajur maupun Tempat Istirahat dengan menerapkan standar protokol kesehatan dan pencegahan penyebaran COVID-19.

“Ada empat jenis peningkatan layanan yang kami lakukan. Pertama adalah peningkatan layanan transaksi, yaitu meningkatkan kapasitas transaksi di semua GT Barrier dengan menyiapkan mobile reader dan memastikan semua gardu transaksi beroperasi penuh," jelas Bima.

Hal ini juga didukung dengan peningkatan layanan lalu lintas yang ada di lajur, yaitu menyiagakan petugas di lokasi rawan kepadatan, berkoordinasi dengan Kepolisian untuk melakukan rekayasa lalu lintas.

Kemudian pemasangan CCTV Speed Camera untuk mendukung rekayasa lalu lintas yang akan dilaksanakan serta petugas layanan jalan tol yang siaga 24 jam melalui One Call Center 14080.

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan agar dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki tol.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News