Libur Lebaran, BTN Siapkan Uang Tunai Rp 14,5 Triliun

Libur Lebaran, BTN Siapkan Uang Tunai Rp 14,5 Triliun
Bank BTN. Foto Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara (BTN) mempersiapkan dana tunai selama libur Lebaran 2018. Hal ini dilakukan untuk memastikan kebutuhan dana tunai terjamin bagi nasabah selama liburan lebaran.

“Untuk periode 9 Juni 2018 hingga 20 Juni 2018, atau selama 12 hari, total likuiditas dana yang kami siapkan adalah sebesar Rp 14,55 Triliun. Angka tersebut dihitung dengan rata-rata kebutuhan likuiditas per hari sebesar Rp 1,2 triliun,” kata Dirut BTN Maryono.

Sebagian besar dana tunai tersebut kata Maryono disiapkan untuk ATM, sehingga memudahkan masyarakat mengakses dana tunai, transfer dan transaksi lainnya selama libur lebaran dan ketika kantor bank tutup.

Sementara itu untuk kegiatan operasional, selama liburan yang dimulai 11 Juni 2018 hingga 18 Juni 2018, ada 22 outlet konvensional yang beroperasi di empat kantor wilayah.

Adapun layanan yang bisa dilakukan selama periode tersebut adalah transaksi berkaitan dengan loket atau layanan kas, seperti setoran dan penarikan tabungan, setoran angsuran KPR (melalui tabungan) serta penjualan kartu Blink BTN di beberapa lokasi yang berpotensi.

Sementara untuk periode 19-20 Juni 2018, ada 193 outlet yang beroperasi yaitu seluruh kantor cabang pembantu (konvensional maupun syariah), yang tidak sekota dengan kantor cabang induknya wajib buka dan menjalankan operasi secara terbatas.

Adapun, BTN tercatat memiliki 2.047 ATM dan terhubung dengan 10 ribu jaringan ATM Link. Bank BTN pun memiliki 961 jaringan kantor untuk melayani nasabah perseroan di seluruh Indonesia.

Khusus untuk melayani pemudik, perseroan sudah menyiapkan 23 unit mobil kas keliling.

Selama libur Lebaran Bank BTN menyiapkan dana tunai Rp 14,5 triliun dan 23 mobil kas keliling untuk layani pemudik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News