Libur Nataru, Penjualan Tiket Bus Tujuan Palembang Meningkat Dua Kali Lipat

Libur Nataru, Penjualan Tiket Bus Tujuan Palembang Meningkat Dua Kali Lipat
Suasana terminal bus saat liburan. Foto dok jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Libur natal dan tahun baru (Nataru) tahun ini penjualan tiket bus tujuan Palembang meningkat dua kali lipat dari biasanya.

Bahkan, bukan hanya Palembang, bus berbagai tujuan di Pulau Jawa juga meningkat. Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Minggu (22/12) sekaligus mengecek kesiapan penyelenggaraan Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Hal ini menandakan bahwa masyarakat masih memilih bus menjadi transportasi andalan mereka untuk mudik ke kampung halaman," kata Budi.

"Saya catat penumpang Palembang naik dua kali lipat tandanya memang masyarakat mengharapkan adanya  jalan tol untuk menggunakan bus. Ini sesuai prediksi kami,” imbuh Budi.

Sejauh ini menurut Budi, kapasitas bus yang ada di Kampung Rambutan masih bisa mengatasi adanya lonjakan penumpang tersebut.

“Alasan lain masyarakat memilih bus menjadi transportasi andalan adalah karena memiliki keunggulan, point-to-point. Yaitu langsung bisa mengantarkan masyarakat ke tempat tujuan sehingga mereka tidak perlu mengeluarkan cost lebih,” ungkap Budi.

Ke depannya, Kemenhub akan membuat sistem e-ticketing untuk bus tujuan jarak jauh di Terminal Kampung Rambutan agar masyarakat bisa lebih mudah merencanakan perjalanan.

Namun untuk tujuan dekat seperti daerah Jawa Barat, masyarakat masih bisa membeli langsung di loket pada waktu yang sama (go show).(chi/jpnn)

Hal ini menandakan bahwa masyarakat masih memilih bus menjadi transportasi andalan mereka untuk mudik ke kampung halaman.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News