Kamis, 15 November 2018 – 11:02 WIB

Lien Tien Kung, Gerakan Sederhana yang Kaya Manfaat

Selasa, 11 September 2018 – 18:24 WIB
Lien Tien Kung, Gerakan Sederhana yang Kaya Manfaat - JPNN.COM

jpnn.com, SURABAYA - SURABAYA – Ada yang berbeda dalam latihan rutin komunitas terapi Ling Tien Kung (LTK) di Apartemen Twin Tower kemarin (10/9). Sebab, hadir penyanyi Reza Artamevia di barisan. Dia turut mengikuti setiap gerakan yang dipandu instruktur.

Reza menyatakan baru saja mengikuti senam terapi tersebut. Namun, sejumlah manfaat kesehatan telah dirasakannya. Sebagai penyanyi, olahraga yang berhubungan dengan pernapasan sangat berguna untuk Reza. ''Terapi ini banyak melatih pernapasan dan diafragma. Tidak melelahkan, tapi menyegarkan,'' ungkapnya.

Penyanyi 45 tahun itu juga cukup tertarik pada setiap gerakan senam. Dia menganggapnya tidak terlalu berlebihan. Terutama untuk perempuan berusia lebih dari 40 tahun seperti dirinya. ''Cocok buat yang berusia lanjut. Gerakannya santai, tapi manfaatnya luar biasa,'' terang Reza.

Toni Liono, instruktur terapi, menambahkan, gerakan LTK tidak seperti olahraga lain yang membuang energi. Namun, gerakan tersebut merupakan terapi kesehatan yang bisa mengambil energi dari alam dan memicu hormon dalam tubuh. Hormon yang kurang akan bertambah, sedangkan yang berlebihan dikurangi. ''Yang punya darah tinggi akan berkurang. Yang darah rendah bisa stabil lagi,'' jelasnya.

Menurut dia, terapi tersebut bisa digunakan sebagai pengganti obat. Terutama, penyakit-penyakit yang dianggap kronis bisa disembuhkan dengan mengikuti terapi secara teratur. Misalnya, kencing manis dan hipertensi.

Terapi LTK, lanjut dia, idealnya dilakukan tiga kali dalam seminggu. Namun, jika banyak waktu senggang, Toni menganjurkan untuk melakukan terapi itu sesering-seringnya. ''Bagusnya setiap hari,'' tegasnya. (din/c5/ady) 

SHARES
TAGS   senam
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar