Sabtu, 20 Oktober 2018 – 04:51 WIB

Lift di JPO Siap Beroperasi

Kamis, 11 Oktober 2018 – 19:02 WIB
Lift di JPO Siap Beroperasi - JPNN.COM

jpnn.com, SURABAYA - Tahap uji coba lift jembatan penyeberangan orang (JPO) Basuki Rahmat sudah terlewati. Perangkat penunjang untuk masyarakat berkebutuhan khusus dan lanjut usia itu pun siap beroperasi. Karena itu, PT Warna Warni Media (WWM) sebagai pengelola minta jaminan lift bebas dari upaya perusakan. Salah satu tahap yang menjadi penentu berlangsung kemarin. Yakni, ketahanan fondasi dan kaki lift dari genangan air. Uji coba itu sekaligus membuktikan hitungan awal yang tepat. Genangan air tidak memengaruhi fondasi dan kaki lift.

Hitungan itu dilakukan sebelum pembangunan kaki lift dimulai. Pelaksana proyek memperkirakan dampak genangan terhadap fondasi tersebut. Setiap titik di lima JPO yang dikelola PT WWM berbeda. Kemarin kaki fondasi lift Jalan Basuki Rahmat dites.

Tim teknis menyiram air ke dalam kaki lift yang memiliki kapasitas maksimal enam orang itu Setelah menggenang, lift bergerak turun. Kaki lift mengenai air dan tetap bisa beroperasi. ''Kami lega, semua sesuai hitungan dan tidak ada masalah,'' kata Humas PT WWM Dinar Aisyah.

Tahap selanjutnya penyempurnaan bangunan. Misalnya, penataan rangka bangunan, pengecatan, pemasangan aksesori, dan banyak pengerjaan lainnya. Intinya, lift siap beroperasi. ''Tinggal menunggu waktu,'' tambah Dinar.

Setelah lift Jalan Basuki Rahmat, PT WWM menyiapkan Jalan Gubernur Suryo. Lift pada JPO tersebut masuk tahap akhir. Rumah dan perangkat sudah jadi. Perangkat tambahan itu tidak lama lagi masuk tahap uji coba.

PT WWM menambah perangkat lift untuk kepentingan bersama. Penyandang disabilitas dan lanjut usia tetap bisa menyeberang melalui JPO. Mereka tidak perlu susah payah naik tangga. Cukup menggunakan lift tersebut.

Dia menyambut positif langkah pemkot yang menyiagakan petugas linmas di lokasi. Mereka turut mengantisipasi adanya oknum yang tidak bertanggung jawab. ''Itu sangat membantu kami,'' ucapnya.

Dinar menjelaskan, PT WWM memenuhi permintaan pemkot untuk menambah perangkat lift pada JPO. Di sisi lain, PT WWM memiliki kepedulian kepada masyarakat. Karena itu, PT WWM menganggap wajar jika meminta jaminan perangkat tersebut aman dari oknum perusak fasilitas umum.

PT WWM memasang enam lift pada JPO di Surabaya. Dari jumlah itu, lima lift berada di Surabaya Selatan. Yakni, di Jalan Basuki Rahmat, Gubernur Suryo, Darmo, Wonokromo, dan bundaran Dolog. Satu lift lainnya berada di Jalan Moestopo.

Lift tersebut dipasang di sisi kiri dan kanan. Saat ini baru salah satu sisi yang dikerjakan. ''Nanti dipasang semua dan target selesai akhir tahun,'' tutur Dinar. (riq/c15/ano) 

SHARES
TAGS   Lift JPO
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar