Liga Champions: Mungkinkah AS Roma Pukul Barcelona 3-0?

Liga Champions: Mungkinkah AS Roma Pukul Barcelona 3-0?
Lionel Messi (dua kanan) diperkirakan menjadi starter dalam AS Roma vs Barcelona di leg kedua 8 Besar Liga Champions. Foto: AFP

jpnn.com, ROMA - Mungkinkah AS Roma mencetak tiga gol ke gawang Barcelona tanpa kebobolan di leg kedua perempat final Liga Champions di Olimpico, Rabu (11/4) dini hari WIB nanti? Mungkin saja!

Tim polesan Eusebio Di Francesco itu tertinggal agregat 1-4 karena kalah dari Lionel Messi dkk. di Camp Nou (5/4).

Meski terdengar mustahil, namun misi yang diusung AS Roma masih masuk akal. Apalagi, mereka akan bertanding di Olimpico. ''Bermain di Olimpico adalah tanggung jawab besar terlepas dari berapa banyak yang hadir di tribun. Saya masih percaya kepada keajaiban,'' ucap Di Francesco dalam konferensi pers jelang laga.

Di Francesco boleh saja pede. Namun, performa Daniele De Rossi dkk di Olimpico musim ini tidak terlalu impresif. Dari 21 pertandingan di semua ajang, sembilan di antaranya gagal dimenangkan dengan tujuh kekalahan. Dari 21 laga home itu pula hanya ada enam pertandingan yang mampu diakhiri Roma dengan mencetak tiga gol atau lebih.

Hasil negatif terakhir Roma di kandang terjadi saat kalah 0-2 dari Fiorentina (7/4) di giornata ke-32 Serie A. Kekalahan tersebut juga membuat peluang Roma bertahan di empat besar klasemen kian sulit karena rival sekota, Lazio, mulai merangsek.

Di Liga Champions, kemenangan 3-0 Roma terjadi saat menang dari Chelsea di fase grup (1/11/2017). Kekalahan Chelsea tersebut menjadi salah satu faktor yang membuat Roma keluar sebagai juara grup. Spirit serupa diusung untuk laga dini hari nanti.

''Memang, itu (kemenangan atas Chelsea, Red) menginspirasi kami. Namun, lawan kali ini berbeda. Kami harus tampil dengan mentalitas yang sudah ditempa di Trigoria,'' lanjut Di Francesco.

Namun, menilik lawannya adalah Barca, Roma juga memiliki kenangan manis. Pada edisi 2001-2002, Roma pernah menang 3-0 dari Barca (26/2/2002). Laga tersebut terjadi di fase penyisihan grup kedua.

AS Roma harus mengejar agregat 1-4 di leg kedua perempat final Liga Champions, Rabu (11/4) dini hari nanti.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News