Jumat, 23 Februari 2018 – 11:31 WIB

Liga Champions: Pep Ingin Ulangi Kenangan Manis di Basel

Selasa, 13 Februari 2018 – 15:19 WIB
Liga Champions: Pep Ingin Ulangi Kenangan Manis di Basel - JPNN.COM

Pep Guardiola dan Sergio Aguero. Foto: AFP

jpnn.com, BASEL - Arsitek tim Manchester City, Josep 'Pep' Guardiola punya kenangan manis di St Jakob-Park, Basel. Saat menukangi Barcelona pada musim 2008–2009, Guardiola dan pasukannya berpesta di kandang FC Basel tersebut.

Barca berhasil menggilas Basel dengan skor telak 5-0 pada fase grup Liga Champions. Itu adalah rekor kekalahan kandang terburuk Basel di pentas Eropa. Nah, Rabu (14/2) dini hari nanti WIB, Pep kembali ke St Jakob-Park bersama Manchester City. Kans untuk merintis kenangan manis sepuluh tahun silam pun terbuka lebar.

Apalagi, modal positif baru saja dikantongi Vincent Kompany dkk. Akhir pekan lalu (11/2) City berhasil melibas Leicester City dengan skor 5-1 di Premier League. Empat di antara lima gol kemenangan City dilesakkan Sergio Aguero. Mampukah Aguero kembali meneror gawang Basel di St Jakob-Park? ”Ya, kenapa tidak,” ujar Aguero seperti dikutip Manchester Evening News.

Aguero tak sekadar berkoar. Sebab, ada fakta menarik di balik gol-gol Aguero selama Liga Champions musim ini. Dari tiga golnya pada fase grup lalu, tiga-tiganya dia ciptakan di kandang lawan. Yakni, di kandang Feyenoord (13/9), Napoli (1/11), dan Shaktar Donetsk (6/12).

Guardiola pun mendukung Aguero untuk mencetak gol dini hari nanti WIB. ”Sebab, dialah legenda klub ini yang sesungguhnya,” puji Guardiola. ”Kami membutuhkan gol-golnya. Karena itulah, gol-golnya punya makna bagi kami,” imbuhnya.

Hasil positif pada leg pertama babak 16 besar nanti juga bisa menjadi sarana mengubur luka Eropa musim lalu. Tahun lalu atau pada musim pertama Guardiola bersama City, laju Kompany dkk harus terhenti di babak 16 besar. Laju mereka diganjal AS Monaco.

Guardiola pun mengakui bahwa tantangan di Liga Champions berbeda dengan Premier League. ”Liga Champions itu lebih bagaimana Anda mengontrol momen jelek dan emosi,” lanjut Guardiola. ”Apalagi, ini (fase knockout Liga Champions) penuh misteri,” lanjut mantan pelatih Bayern Muenchen dan Barcelona itu.

Sementara itu, gelandang City Ilkay Guendogan dalam wawancaranya dengan Blick mengklaim kubu tuan rumah termotivasi untuk menaklukkan duo Manchester di St Jakob-Park, Basel.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar