JPNN.com

Lihat 5 Aksi Terbaik di Hari Pertama Piala Dunia FIBA 2019

Minggu, 01 September 2019 – 08:54 WIB Lihat 5 Aksi Terbaik di Hari Pertama Piala Dunia FIBA 2019 - JPNN.com

jpnn.com, BEIJING - Tuan rumah Piala Dunia FIBA 2019 Tiongkok berhasil mengatasi beban di laga pertama penyisihan Grup A di Beijing, Sabtu (31/8). Tim Negeri Panda menang atas Pantai Gading 70-55.

Tim besutan Li Nan itu sempat terlihat gugup dan tertinggal 14-16 dari Pantai Gading saat mengakhiri kuarter pertama. Namun, Tiongkok perlahan menemukan ritme permainan terbaiknya pada kuarter kedua dan memangkas jarak ketertinggalan hingga floating jump shot Zhou Qi berhasil membuat kedudukan imbang 29-29 saat menutup paruh pertama pertandingan.

Momentum terus berayun ke kubu tuan rumah di mana mereka sukses meraup 22 poin tambahan pada kuarter ketiga sembari membatasi raihan angka Pantai Gading cuma 12 poin demi berbalik unggul 51-41. Dukungan publik yang begitu deras di Wukesong Sport Arena kian membesarkan moral para pemain Tiongkok yang mulus mengarungi kuarter keempat untuk memastikan kemenangan 70-55.

Yi Jianlian memimpin kemenangan Tiongkok dengan koleksi 19 poin dan delapan rebound dibantu 17 poin dan sembilan assist dari Guo Ailun, 12 poin Zhou Qi serta sepuluh poin dan delapan rebound Zhai Xiaochuan.

Sedangkan Guy Landry Edi jadi satu-satunya penggawa Pantai Gading yang mencapai raihan angka dua digit, sepuluh poin.

BACA JUGA: Daftar Negara yang Pernah Juara Piala Dunia FIBA

Tiongkok untuk sementara berada di urutan kedua Grup A di bawah Polandia yang menang atas Venezuela di laga lebih awal. Polandia punya keunggulan selisih 16 poin dibandingkan Tiongkok yang surplus 15 poin. Selanjutnya China dan Polandia akan bertemu dalam laga kedua pada Senin (2/9) sementara Pantai Gading menghadapi Venezuela.

Dari grup lain, Spanyol dan Argentina membukukan kemenangan telak atas lawannya masing-masing. Spanyol yang tampil di Guangzhou Gymnasium menghadapi Tunisia sukses meraih kemenangan 101-62 disokong penampilan menawan Ricky Rubio. Pemain Phoenix Suns itu membukukan 17 poin dan mengirimkan sembilan assist dibantu 16 poin Sergio Llull, 13 poin dan delapan rebound Juancho Hernangomez, 12 poin dari Victor Claver dan Pau Ribas serta 10 poin dan enam rebound Marc Gasol.

Hasil itu sekaligus menempatkan tim besutan Sergio Scariolo berada di puncak Grup C mengungguli Puerto Rico yang di laga lebih awal menang dramatis 83-81 atas Iran.

Sementara itu di Wuhan Sports Center, Argentina sukses mengalahkan Korea Selatan 95-69. Nicolas Laprovittola meraih 17 poin diiringi bintang senior Luis Scola yang mencetak 15 poin dan sembilan rebound, disusul Gabriel Deck 12 poin, Facundo Campazzo 11 poin dan enam rebound serta Luca Vildoza 10 poin.

Korsel tergolong telat panas dan baru mulai berkembang permainannya mulai kuarter kedua, tetapi tetap tak mampu memupus perbedaan kualitas permainan kedua negara. Pemain naturalisasi Daniel Ratliffe atau kini memakai nama lokal Ra Gun-ah menjadi tulang punggung penampilan Korsel dengan catatan dwiganda 31 poin dan 15 rebound, namun bantuan hanya datang dari Lee Jung-hyun lewat 15 poin dan tujuh assist.

Kemenangan itu membuat Argentina bercokol di puncak klasemen Grup B mengungguli Rusia yang di laga lebih awal mengalahkan Nigeria 82-77. (gilang/ant/jpnn)

Hasil pertandingan Piala Dunia FIBA 2019 (31/8):
Lihat 5 Aksi Terbaik di Hari Pertama Piala Dunia FIBA 2019
livescore

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...