Lihat, 61 Siswa Pingsan di Hari Pertama Sekolah

Lihat, 61 Siswa Pingsan di Hari Pertama Sekolah
Puluhan siswa pingsan saat mengikuti upacara upacara Pengenalan Lingkungan Sekolah Siswa Baru (PPLSB) yang diadakan Senin (18/7) kemarin di lapangan SMAN 2 Purwokerto. Foto: Dimas Wibowo/Radar Banyumas/JPNN.com

jpnn.com - PURWOKERTO – Suasana hiruk-pikuk terjadi di halaman depan SMA Negeri 2 Purwokerto, Jateng, kemarin (18/7). 

Sebanyak 61 siswa pingsan saat mengikuti upacara Pengenalan Lingkungan Sekolah Siswa Baru (PPLSB) yang dimulai sekitar pukul 07.00 Wib.

Puluhan siswa ini satu demi satu ditandu oleh petugas medis karena alasan pusing dan mual. Akibatnya upacara sempat terganggu atas kejadian ini.

Upacara diikuti oleh SD, SMP, MTs, SMA, dan SMK yang berjumlah sekitar 3.500 siswa. Upacara ini merupakan upacara pemusatan bagi siswa dan siswi baru yang akan masuk ke sekolah di sekitar daerah SMA Negeri 2 Purwokerto.

Pantauan Radarmas (Jawa Pos Group) siswa mulai pingsan sebelum upacara dimulai. Ada sekitar lima siswi baru yang akan melanjutkan ke SMP duduk dan istirahat ditenda yang disediakan oleh tim medis.

Dengan menggunakan seragam SD, mereka terlihat lemas karena merasakan sakit, sehingga terpaksa tidak mengikuti upacara.

Sulistiono, salah satu petugas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banyumas mengungkapkan, dari 61 siswa itu, umumnya sakit karena pusing terkena sinar matahari yang menyengat. Sehingga mereka langsung diberi air minum untuk segera mengganti cairan tubuh.

"Mereka sebenarnya sudah sarapan, namun karena tidak tahan dengan sinar matahari yang cukup terik, langsung membuat pusing bahkan muntah,"ujarnya.

PURWOKERTO – Suasana hiruk-pikuk terjadi di halaman depan SMA Negeri 2 Purwokerto, Jateng, kemarin (18/7).  Sebanyak 61 siswa pingsan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News