Lihat Aksi Tim Jibom Saat Memusnahkan Mortir Peninggalan Jepang di Karo

Lihat Aksi Tim Jibom Saat Memusnahkan Mortir Peninggalan Jepang di Karo
Petugas saat akan melakukan pemusnahan temuan mortir peninggalan Jepang di Kabupaten Karo, Sumatra Utara. Foto: Dok. Polres Tanah Karo

jpnn.com, MEDAN - Tim Jibom Brimob Polda Sumut melakukan pendisposalan atau pemusnahan mortir peninggalan Jepang yang sebelumnya ditemukan oleh seorang warga di Kabupaten Karo, Sumatra Utara.

Pemusnahan itu dilakukan di sebuah lahan kosong di Jalan Alternatif Deleng Singkut, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Kamis (10/2).

"Tim telah melakukan pendisposalan dengan langkah-langkah sesuai SOP," kata Kasubdit Jibom Detasemen Gegana Brimob Polda Sumut AKP Sardi dalam keterangan tertulisnya, Jumat (11/2).

AKP Sardi menjelaskan proses pemusnahan itu dilakukan mulai dari sterilisasi, penggalian, penempatan dan perakitan handak serta pengamanan lokasi pendisposalan.

"Kegiatan pendisposalan bom temuan warga tersebut telah berlangsung dalam situasi aman dan baik," ujarnya.

Dia mengungkapkan bahwa mortir yang ditemukan warga itu merupakan bom militer tipe proyektil. Ke depan, dia berharap masyarakat lebih berhati-hati jika menemukan benda serupa.

"Kami minta apabila menemukan benda-benda yang serupa untuk tidak langsung memegang apalagi membawa barang ke rumah, segera lapor ke polisi," sebutnya.

Sebelumnya, Kasubbag Humas Polres Tanah Karo mengatakan mortir itu ditemukan oleh seorang tukang bangunan bernama Ridwan Tanjung saat bekerja di Gundaling pada Sabtu (5/2) lalu.

Mortir peninggalan Jepang di Karo, Sumut, ditemukan seorang tukang bangunan saat bekerja di Gundaling pada Sabtu (5/2) lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News