Lihat, Hasil Survei PSI Bikin Airlangga dan Kader Golkar Tersenyum Bahagia

Lihat, Hasil Survei PSI Bikin Airlangga dan Kader Golkar Tersenyum Bahagia
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Panel Survey Indonesia (PSI) merilis hasil surveinya terkait elektabilitas partai politik dan bakal calon presiden menjelang Pemilu 2024.

Hasil survei tersebut bisa bikin para kader Partai Golkar dan ketua umumnya Airlangga Hartarto tersenyum bahagia.

Hal itu terkait elektabilitas Partai Golkar dan Airlangga menempati posisi tertinggi.

Direktur Exekutif Panel Survey Indonesia Andri Gunawan mengatakan hampir di seluruh pulau dan wilayah, Partai Golkar menempati urutan teratas dalam elektabilitasnya.

Di Pulau Sumatra dengan simulasi pertanyaan tertutup menggunakan kuisioner, ketika respoden ditanyakan “Partai politik mana yang harus dipilih jika Pemilu digelar hari ini?”

Golkar menempati urutan pertama dengan dipilih oleh 23,4 persen responden, kedua ada PDIP yang dipilih 18,9 persen, dan ketiga ada Partai Gerindra yang dipilih oleh 12,8 persen.

Selanjutnya Demokrat 7,3 persen, Nasdem 6,2 persen, PKB 4,3 persen, PKS 4,2 persen, PAN 1,7 persen, PPP 1,1 persen , partai lainnya di bawah 0,1 persen dan tidak memilih 19,1 persen.

“Sementara di Pulau Jawa, dengan pertanyaan yang sama, Golkar menempati urutan pertama dengan dipilih oleh sebanyak  20,2 persen. Kemudian menyusul PDI Perjuangan dengan tingkat keterpilihan 19,8 persen, Gerindra 19,7 persen, PKB 11,6 persen, Demokrat 6,2 persen, PKS 4,9 persen, Nasdem 4,2 persen, PAN 3,7 persen, PPP 3,3 persen, partai lainnya di bawah 0,1 persen dan tidak memilih 5,4 persen,” kata Andri dalam keterangan persnya, Kamis (10/3/22).

PSI merilis hasil surveinya terkait elektabilitas partai politik dan bakal capres menjelang Pemilu 2024. Kali ini, Airlangga dan kader Golkar tersenyum

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News