Lihat Nih, Mahasiswa YARSI Beraksi di TBM Bukit Duri Bercerita, Patut Dicontoh

Lihat Nih, Mahasiswa YARSI Beraksi di TBM Bukit Duri Bercerita, Patut Dicontoh
Sejumlah mahasiswa Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi Universitas YARSI, Jakarta melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Taman Bacaan Bukit Duri Bercerita (TBM Bukdur Bercerita) pada Rabu (26/5). Foto: Dok. TBM Bukit Duri

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah mahasiswa Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi Universitas YARSI, Jakarta melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Taman Bacaan Bukit Duri Bercerita (TBM Bukdur Bercerita) pada Rabu (26/5).

Kegiatan pengabdian masyarakat tersebut berupa menginput data bibliografi buku yang ada di TBM itu.

Salah satu mahasiswa Muhammad Rizky Ibrahim mengungkapkan koleksi yang ada di Taman Bacaaan Bukit Duri Bercerita sangat beragam jenis koleksinya dan genrenya. Seperti ensiklopedia untuk anak-anak, komik, buku mendongeng, buku fiksi, buku non fiksi, buku seri, kamus, novel, buku-buku Islam, buku khusus anak-anak, dan masih banyak lagi.

“Kami memfoto cover untuk kami inputkan datanya ke dalam SLiMS. Selain itu juga membuat beberapa membership atau keanggotaan yang ada di TBM Bukdur Bercerita seperti beberapa anggota yang ada di TBM Bukdur Bercerita yang bernama Habibah Fatimah dan Tasya Julia,” kata Rizky yang kini duduk di Semester Empat itu.

Rizky menjelaskan sebelum Input data buku yang ada di Taman Bacaan Bukit Duri Bercerita, dia sudah membuat tipe koleksi, tipe keanggotaan, tipe peminjaman yang ada di TBM bukdur bercerita dan tipe grup dan user kelompoknya.

Input data menggunakan SLiMS 9 Bulian yang sangat praktis dan cukup mudah untuk penginputan data.

“Kami menginput data bibliografi buku yang ada di Taman Bacaan Bukit Duri Bercerita lebih dari 100 item buku. Untuk penginputan buku yang kami masukan adalah judul, author, ISBN/ISSN, Publisher, Publisher Year, Publishing Place, Classification, Call Number, Cover Buku,” ujar Rizky.

Dosen pembimbing pengabdian masyarakat ini, Danang Dwijo Kangko mengatakan kegiatan ini merupakan proyek awal Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi Universitas YARSI mengenai implementasi Kurikulum Merdeka Belajar yang dicanangkan Pemerintah melalui Kemdikbud Dikti.

Kegiatan pengabdian masyarakat tersebut berupa menginput data bibliografi buku yang ada di Taman Bacaan Masyarakat Bukit Duri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News