Lihat Nih Temuan Komnas HAM, Betapa Memalukannya Perbuatan Oknum Pegawai KPI

Lihat Nih Temuan Komnas HAM, Betapa Memalukannya Perbuatan Oknum Pegawai KPI
Ilustrasi KPI hujan kritik. Foto: Logo KPI

jpnn.com, JAKARTA - Komnas HAM menilai Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) gagal menciptakan lingkungan kerja yang sehat, aman, dan nyaman.

Komnas HAM menyimpulkan hal tersebut setelah menginvestigasi kasus pegawai KPI berinisial MS yang menjadi korban perundungan dan pelecehan seksual.

Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara mengungkapkan MS menjadi korban perundungan dari sesama pegawai KPI.

Beka menyatakan korban dirundung melalui candaan bersifat menyinggung dan meledek kondisi dan situasi kehidupan pribadi individu MS.

"KPI gagal secara lembaga menciptakan lingkungan kerja yang sehat, aman, dan nyaman serta mengambil langkah-langkah yang mendukung pemulihan korban," kata dia dalam konferensi pers di kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Senin (29/11).

Beka melihat KPI secara institusi juga tidak memiliki regulasi internal dan perangkat-perangkat yang patut untuk mencegah tindak pelecehan seksual dan perundungan di lingkungan kerja.

KPI bahkan tidak memiliki pedoman panduan dalam merespons serta menangani kasus pelecehan seksual dan perundungan.

"Kuat dugaan peristiwa perundungan juga terjadi pada pegawai KPI lainnya, tetapi hal ini dianggap sebagai bagian dari humor, candaan, lelucon yang menunjukkan kedekatan pertemanan rekan kerja," ungkap Beka.

Komnas HAM menilai lingkungan kerja Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) tidak sehat dan rentan pelecehan seksual. Sejumlah pegawai KPI menjadi korban.