Lihat yang Dipegang Warga, Hiii, Langka

Lihat yang Dipegang Warga, Hiii, Langka
Nelayan di Pantai Jayanti, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menangkap buaya muara yang sempat terlihat satu bulan sebelumnya dan diserahkan ke BKSDA Gunung Simpang, Kamis (25/3). Foto: ANTARA/Ahmad Fikri

jpnn.com, CIANJUR - Warga menangkap seekor buaya muara dengan panjang 1,5 meter dan berat 10 kilogram di Pantai Jayanti Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Buaya muara itu selanjutnya diserahkan ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jabar.

Kepala BKSDA Resort Gunung Simpang Meri Juanda mengatakan, pihaknya langsung menuju ke lokasi penemuan buaya muara yang masuk dalam hewan langka dilindungi itu, setelah mendapat laporan dari nelayan sekitar yang menemukannya.

"Kita (BKSDA, red) mendapat laporan dari aparat setempat terkait, temuan buaya sepanjang 1,5 meter dengan berat 10 kilogram itu, ditangkap empat orang nelayan di perairan yang masuk ke Kampung Puncak Kukun, Desa Karangwangi, Kecamatan Cidaun, saat mencari ikan dan karang laut," kata Meri, Kamis (25/3).

Buaya muara yang diperkirakan berusia kurang dari satu tahun itu, merupakan hewan langka yang dilindungi, sehingga warga atau nelayan diimbau agar tidak memburu atau membunuh hewan tersebut, karena beredar informasi sebelumnya warga sempat melihat dua ekor buaya di sekitaran muara.

"Kita berharap kalau melihat buaya tersebut, warga diimbau untuk tidak memburu apalagi sampai membunuh karena baya muara masuk dalam hewan langka dan dilindungi, sehingga kalau melihat ada buaya silahkan kaporkan ke kami di Gunung Simpang, Kecamatan Naringgul," katanya.

Rencananya, kata dia, buaya tersebut akan diserahkan ke penangkaran milik BKSDA Jabar atau dititipkan sementara ke kebun binatang yang ada di Bandung, sebelum kembali dilepasliarkan di alam bebas.

Pihaknya menduga dua ekor buaya yang sempat dilihat warga muncul di muara Cidaun, karena berbagai faktor karena habitatnya terganggu atau ada warga yang sengaja melepaskan kedua buaya tersebut ke muara.

Petugas menduga hewan langka yang sempat dilihat warga muncul di muara Cidaun karena berbagai faktor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News