Lima Bupati Serahkan Berkas Persyaratan Pembentukan Provinsi Sumteng

Lima Bupati Serahkan Berkas Persyaratan Pembentukan Provinsi Sumteng
Lima Bupati Serahkan Berkas Persyaratan Pembentukan Provinsi Sumteng

jpnn.com - SIDIMPUAN - Kepala Daerah se-Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) telah mengantar kelengkapan berkas usulan pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara (Sumteng) ke Komisi II DPR RI dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jumat (8/11).

Kepala Daerah asal Sumut yang menyerahkan berkas kelengkapan tersebut adalah Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Syahrul M Pasaribu, Plt Bupati Mandailing Natal (Madina) Dahlan Hasan Nasution, Bupati Padang Lawas (Palas) Ali Sutan Harahap (TSO), Wakil Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Riskon Hasibuan dan Walikota Padangsidimpuan (Psp) Andar Amin Harahap.

Informasi yang dihimpun METRO, rombongan yang disertai anggota DPRD Tapsel Borkat SSos MM ini, mendatangi Komisi II DPR RI, pada Jumat (8/11) pagi sekitar pukul 10.00 WIB.

Mereka disambut anggota Komisi III DPR RI Ir Nanang Samudera. Dan, dalam penyerahan berkas tersebut juga dihadiri Chairuman Harahap, anggota Komisi V DPR RI yang juga putra asli daerah Tabagsel.

“Kedatangan kami untuk mengantar kekurangan berkas usul pembentukan Provinsi Sumtra dari daerah kabupaten dan kota. Chairuman Harahap yang memfasilitasi kami ke Komisi II DPR RI diwakili Ir Nanang Samudera,” ujar Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu via telepon kepada wartawan.

Menurutnya, Komisi II DPR RI menyambut baik kedatangan mereka. Lalu, mengapresiasi kekompakan lima kepala daerah yang akan menjadi wilayah calon Provinsi Sumatera Tenggara dari pemekaran Provinsi Sumatera Utara.

Diterangkannya, setelah dari Komisi II DPR RI, rombongan kepala daerah se-Tabagsel itu mendatangi kantor Kemendagri. Di sana, mereka diterima Sekretaris Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Dirjend Otda) Drs Susilo MH dan Staf Ahli Mendagri DR Afriadi Hasibuan.

“Alhamdulillah, kita mendapat sambutan yang sangat positif. Seperti di DPR RI, di Kemendagri kita juga mendapat semangat dan dorongan untuk mewujudkan pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara dengan sesegera mungkin,” kata Syahrul.

SIDIMPUAN - Kepala Daerah se-Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) telah mengantar kelengkapan berkas usulan pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News