Lima Tahun Perjalanan Waktu JKT48 Menjadi Sebuah Buku

Lima Tahun Perjalanan Waktu JKT48 Menjadi Sebuah Buku
Reporter Jawa Pos Dhimas Ginanjar, penulis Laptime JKT48: Lima Tahun Penuh Cerita (ANGGER BONDAN/JAWA POS)

jpnn.com - jpnn.com - Grup idola JKT48 pada pertengahan Desember 2016 lalu mulai meninggalkan tahun kelimanya. Selama lima tahun pula, Jawa Pos secara rutin menyajikan berbagai liputan terkait sister group pertama AKB48 di luar Jepang itu.

Kini, berbagai hal menarik tentang kiprah JKT48 telah dibukukan. Judulnya Laptime JKT48: Lima Tahun Penuh Cerita.

Adalah Dhimas Ginanjar, reporter Jawa Pos yang mengikuti perjalanan karir JKT48 sejak mereka menapakkan kaki di dunia hiburan tanah air pada akhir 2011 silam. Dhimas menuangkan catatannya tentang JKT48 ke dalam buku untuk mengingat kembali perjalanan grup idola itu dari awal hingga memiliki jutaan penggemar.

’’Rentang waktu lima tahunnya dihitung dari awal kemunculan di akhir 2011 sampai akhir 2016,’’ ujar Dhimas, Jumat (10/2).

Dalam buku setebal 200 halaman itu disajikan berbagai milestone JKT48. Mulai dari awal audisi, teater pertama, sampai kelulusan Haruka Nakagawa.

Konsep buku itu tidak hanya memunculkan lagi berbagai berita yang pernah ditulis Dhimas untuk Jawa Pos, tapi ada beberapa tulisan anyar, wawancara eksklusif dengan materi baru, sampai foto-foto yang belum pernah dimunculkan di Jawa Pos. Namun, ada berita yang dimunculkan utuh karena penting.

’’Buku ini ibarat mesin waktu. Kalau member JKT48 diwawancara lagi tentang kejadian 2012, emosi dalam jawaban tidak akan sama seperti saat itu. Jadi, dibiarkan saja apa yang dirasa dimunculkan kembali,’’ imbuhnya.

Meski buku itu berisikan artikel, Dhimas memastikannya banyak foto yang dipampang untuk mempercantik tampilan. Dia menyebut ada lebih dari 400 foto yang digunakan dalam berbagai ukuran. Supaya lebih menarik, porsi foto dikatakannya lebih banyak daripada tulisan.

Grup idola JKT48 pada pertengahan Desember 2016 lalu mulai meninggalkan tahun kelimanya. Selama lima tahun pula, Jawa Pos secara rutin menyajikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News