Linkage Berhasil Tekan Kredit Macet

Linkage Berhasil Tekan Kredit Macet
Linkage Berhasil Tekan Kredit Macet
JAKARTA — Kredit bermasalah (non performance loan/NPL) 1.300 Bank Perkreditan Rakyat (BPR) terus menurun, hingga ke posisi 0,1-0,2 persen. Penurunan ini berkat program linkage yang digalakkan pemerintah sejak 2005.

"Sampai sekarang melalui linkage program sudah tersalur dana Rp 5,96 triliun ke 1.300 BPR di seluruh Indonesia dengan NPL 0,1-0,2 persen," kata Deputi Menteri Negara Koperasi dan UKM Bidang Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha, Chairul Djamhari, di Jakarta, Jumat (11/7).

Dari pihak Bank Indonesia, lanjutnya, sudah sepakat menandatangani surat pemberitahuan persetujuan pemberian kredit. Pemerintah juga berkomitmen untuk terus melanjutkan dan menyalurkan linkage program dengan jumlah yang terus ditingkatkan dari tahun ke tahun.

"Pemerintah memutuskan untuk melanjutkan program ini dan tiap tahun akan disalurkan dalam jumlah yang terus meningkat," ujarnya.

Sebanyak 38 perbankan yang hingga kini sebagai bank pelaksana linkage program yang menyalurkan kepada 1.300 BPR untuk kemudian disalurkan pada pelaku KUKM di tiap-tiap daerah. (esy/JPNN)

JAKARTA — Kredit bermasalah (non performance loan/NPL) 1.300 Bank Perkreditan Rakyat (BPR) terus menurun, hingga ke posisi 0,1-0,2 persen.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News