Lion Air Buka Rute Samarinda – Jakarta, Makassar, Surabaya

Lion Air Buka Rute Samarinda – Jakarta, Makassar, Surabaya
Pesawat Lion Air. Ilustrasi Foto: SIRTU/LOMBOK POST/JPNN.com

jpnn.com, SAMARINDA - Maskapai penerbangan Lion Air berencana membuka rute Samarinda - Surabaya, Makassar, serta Jakarta.

Airport Manager Lion Air Muhammad Reza Alfhandy mengatakan, pihaknya mengajukan slot timeke Unit Pengelola Bandara Udara (UPBU) APT Pranoto untuk rute penerbangan pendek. Permohonan tersebut diajukan pada 25 Oktober 2018.

Jadwal terbang yang diusulkan itu rencananya direalisasikan pada 1 November 2018. “Jika sudah disetujui, secepatnya tiket jual supaya bisa dipesan oleh penumpang,” ujar Reza, Sabtu (27/10).

Dijelaskan, slot time yang diusulkan merupakan rute penerbangan dengan intensitas setiap hari. Pesawat yang bakal dioperasikan jenis Boeing 737-800 atau 737-900. “Lebih cepat lebih baik,” harapnya.

Sebelumnya, pada Juli lalu, Lion Grup, Wings Air juga sudah mengajukan slot time rute penerbangan Surabaya dan Makassar. Namun, tidak kunjung terealisasi. Beberapa faktor penyebabnya kala itu terkait masalah runway (landasan pacu), jadwal keberangkatan dan kedatangan pesawat, hingga ground handling.

Konstruksi runway stripe (bahu landasan pacu) Bandara APT Pranoto pada Juli masih mengalami penurunan. Sehingga runway sepanjang 2.250 meter belum dapat digunakan sepenuhnya. Saat ini, penurunan sudah berhasil diatasi. Sehingga, pesawat kepresidenan Boeing 737-800 berhasil mendarat pada 25 Oktober.

Selain Lion Grup, maskapai penerbangan Express Air dan Garuda Indonesia juga dikabarkan berminat membuka rute penerbangan baru di Bandara APT Pranoto. Express Air mengusulkan slot time untuk rute penerbangan Samarinda-Jogjakarta-Bandung.

Sementara Garuda Indonesia masih baru sekadar melakukan survei di Bandara APT Pranoto. “Sedang dalam pertimbangan,” singkat General Manager (GM) Garuda Indonesia Cabang Balikpapan Boydike Kussudiarto saat dikonfirmasi.

Lion Air mengajukan izin rute penerbangan Samarinda – Jakarta, Makassar, Surabaya, berharap 1 November terealisasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News