Lion Air Group Batalkan 6 Penerbangan Akibat Erupsi Gunung Raung, Ini Daftarnya

Lion Air Group Batalkan 6 Penerbangan Akibat Erupsi Gunung Raung, Ini Daftarnya
Pesawat Wings Air. Foto : Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Lion Air Group membatalkan enam penerbangan dari dan ke Bandar Udara Internasional Banyuwangi di Desa Blimbingsari, Kecamatan Blimbingsari, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, akibat erupsi Gunung Raung di Banyuwangi.

Berdasar pengumuman resmi dari otoritas bandar udara (notam) Nomor B0192/21, operasional Bandara Internasional Banyuwangi ditutup sementara, Senin (8/2) pukul 08.37 WIB, hingga pukul 14.37 WIB.

"Penutupan bandar udara adalah dampak dari erupsi dan aktivitas Gunung Raung," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro, Senin (8/2).

Sebagai informasi penting, Danang menjelaskan, material abu vulkanik (volcanic ash) dapat merusak struktur/komponen pesawat udara, sehingga membahayakan penerbangan.

"Sehubungan kondisi tersebut, dalam memastikan keselamatan dan keamanan (safety first), rencana layanan penerbangan Lion Air Group mengalami pembatalan (cancel flight) hari ini," ungkapnya.

Pembatalan kedatangan di Bandara Internasional Banyuwangi yakni Wings Air penerbangan IW-1880 pukul 09.00 WIB dari Surabaya, Batik Air ID-6590 pukul 10.00 WIB dan Lion Air JT-594 pukul 06.25 WIB yang keduanya dari Jakarta atau Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten.

Keberangkatan dari Bandara Internasional Banyuwangi yang dibatalkan adalah Wings Air penerbangan IW-1881 pukul 10.10 WIB tujuan Surabaya, Batik Air ID-6591 pukul 12.20 WIB dan Lion Air JT-593 pukul 09.00 WIB yang keduanya tujuan ke Jakarta atau Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

"Kondisi terganggunya operasional dari akibat gunung meletus termasuk force majeure yaitu keadaan yang terjadi di luar kemampuan sumber daya manusia dan perusahaan," ungkap Danang.

Pembatalan kedatangan di Bandara Internasional Banyuwangi akibat erupsi Gunung Raung yakni Wings Air, Batik Air, dan Lion Air.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News