Listrik Alternatif dari Limbah Terasi

Listrik Alternatif dari Limbah Terasi
Listrik Alternatif dari Limbah Terasi
BOGOR - Pemanfaatan sumber energi alternatif, terus dilakukan. Terbaru, mahasiswa IPB berhasil menemukan sumber energi alternatif. Adalah, mahasiswa Departemen Biokimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F-MIPA) IPB, Silvikasari, yang berhasil memanfaatkan limbah cair organik, dari terasi untuk memproduksi energi listrik.

Menurutnya, limbah cair terasi mengandung nutrisi (protein, karbohidrat, dan bahan-bahan lainnya), yang dapat dimanfaatkan bagi pertumbuhan mikroba. Mikroba inilah, yang kemudian dimanfaatkan, memproduksi energi listrik. “Kurang lebihnya seperti itu, bagaimana limbah terasi, bisa kita memanfaatkan menajdi energi,” ujarnya.  

Silvikasari mengatakan, penelitian yang dilakukan bersama rekannya ini, awalnya menggunakan limbah cair terasi, yang diambil, dari sebuah perusahaan terasi di Kabupaten Cirebon. Berdasarkan hasil survei limbah cair terasi tersebut, mengandung konsorsium mikroba.

Menurutnya, konsorsium mikroba itu bisa dimanfaatkan, memproduksi energi listrik, melalui reaksi yang memungkinkan terjadinya transport proton, akibat proses respirasi seluler dari permukaan sel ke anoda.

BOGOR - Pemanfaatan sumber energi alternatif, terus dilakukan. Terbaru, mahasiswa IPB berhasil menemukan sumber energi alternatif. Adalah, mahasiswa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News